Website Aman dengan SSL dari SSL Indonesia

Saat itu, hampir 1 tahun Saya mulai menggunakan hosting untuk blog Saya, setelah bertahun-tahun menggunakan blog gratisan. Namun, karena sibuk dengan bisnis lainnya, blog yang selama ini aman-aman saja tiba-tiba mengalami trouble. Tentu saja, bagi Saya hal ini menjadi masalah besar karena tidak paham dengan IT, aplagi setelah membuka data... blog tersebut sudah tidak bisa dibuka lagi.”


Itu adalah cerita dahulu, saat Saya baru memiliki blog dengan hosting sendiri dengan domain TLD (Top Level Domain). Pada saat itu memang Saya terbiasa menggunakan blog gratisan, apalagi selama ini dengan menggunakan blog gratis, Saya cenderung merasa aman karena tidak perlu harus melakukan maintenance. Setelah bertanya kesana kemari, termasuk dibantu oleh admin dari penyedia hosting, blog bisa dibuka, namun banyak data dan tulisan yang hilang.

Tidak hanya itu, artikel-artikel banyak yang ter-direct ke halaman website lain, tentu hal ini membuat kesal. Apalagi keinginan untuk membuat blog dengan monetize tidak untuk gaya-gayaan, karena sudah memiliki blog atau website, tapi juga untuk mendulang rupiah. Hal ini membuat Saya harus memberikan keamanan pada blog atau website yang sudah Saya bangun.

Itu hanya cerita pribadi, bagaimana blog yang dianggap aman bisa menjadi tidak aman. Berbicara tentang kasus cyber crime saat ini semakin banyak terjadi, bahkan di Indonesia. 

Masih ingat dengan kejadian saat Pemilu tahun 2004 lalu? Saat itu situs web KPU terserang informasi aneh. Tahun 2004 saat itu, Tim IT - KPU meluncurkan website KPU dengan nilai 152 miliar dan meng-blaim tidak bisa diretas. Ternyata kondisi ini membuat seorang hacker dengan nama inisial Xnuxer (Dani Firmansyah) tertantang untuk mencoba membobol situs KPU tersebut. Serangan Xnuxer yang berhasil adalah spoofing yang membuat pengalihan IP situs, sehingga bisa mengambil alih situs, hal ini membuat Xnuxer memungkinkan melakukan injeksi SQL. Hacker dari Jogja ini akhirnya berhasil memodifikasi website dan mengubah informasi di website KPU.

ssl-indonesia
Ilustrasi (Gambar: Infografis diolah)

Padahal KPU adalah lembaga negara, dengan berbagai piranti canggih, namun bisa diserang. Bagaimana dengan blog atau website atau bahkan website bisnis yang membutuhkan keamanan data. Hal ini tentu membutuhkan protokol keamanan internet berbasis enskripsi yang bisa digunakan untuk keamanan website.

SSL & Keamanan Siber di Era Digital

Menjaga dan melindungi data tentu menjadi langkah tepat di era digital seperti saat ini. Kita tidak tahu apa yang terjadi dengan blog atau website yang kita kelola, apalagi dengan ancaman ransomware dan malware yang menjadi ancaman kejahatan siber di tahun 2024 ini.

Bagi seorang pemilik bisnis atau pun blogger yang menggunakan blog atau website untuk menunjang bisnis, keamanan data tentu menjadi hal yang harus diperhatikan. Apalagi proses perpindahan data dari browser ke website sering menjadi peluang bagi mereka yang ingin mengambil kesempatan dengan kelemahan sistem website tersebut.

Oleh karena itulah, memberikan perlindungan pada blog atau website dengan SSL akan mampu melindungi website atau blog.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, “Apa itu SSL?

SSL atau singkatan dari “Secure Socket Layer” merupakan protokol keamanan internet berbasis enkripsi yang biasa digunakan pada sistem keamanan website.

SSL saat ini menjadi standar keamanan website yang bekerja dengan mengenksripsi lalu lintas data dari web klien ke web server, atau dari browser ke website. 

SSL & Keamanan Siber di Era Digital
Ilustrasi (Gambar: Infografis diolah)

SSL kemudian akan menerjemahkan informasi sensitif, seperti data pribadi, nomor kartu kredit, hingga kata sandi menjadi kode yang sulit dibaca atau dienkripsi. Pengubahan yang dilakukan protokol SSL ini dapat membuat data pada website.

Dengan semakin canggihnya teknologi digital, browser saat ini sudah bisa mendeteksi website mana saja yang tidak aman. Browser akan membaca apakah sebuah website menggunakan protokol SSL atau tidak, kemudian akan memberikan informasi kepada pengunjung website bahwa website yang akan mereka kunjungi kurang dilindungi atau kurang aman. 

Mengapa Penting Menjaga Keamanan Siber di Era Digital?

Telah kita ketahui bersama, bahwa dengan adanya transformasi digital telah membawa kemajuan, efisiensi dan juga konektivitas global. Namun, di balik harapan akan kemajuan terdapat tantangan dalm hal keamanan.

Di era digital seperti saat ini, keamanan siber menjadi elemen penting dalam akselerasi pengembangan transformasi digital. 

Disinilah peran penting SSL dalam sistem keamanan website, bahkan tidak hanya memiliki peran dalam mengenkripsi data, tetapi SSL menjadi syarat untuk mendapat predikat sebagai website yang “secure” dari Google.

Untuk itulah memilih layanan penyedia SSL menjadi penting disini untuk mengamankan website agar website aman dan terpercaya dengan menggunakan SSL dari “SSL Indonesia”.

Terdapat beberapa fungsi SSL dalam sebuah website, antara lain:

Mengapa Penting Menjaga Keamanan Siber di Era Digital?
Ilustrasi (Gambar: Infografis diolah)

1. Meningkatkan Keamanan Suatu Website

Keberadaan SSL akan mengamankan website, dengan cara, SSL bekerja dengan cara menerjemahkan data menjadi kode yang sulit dibaca, sehingga para threat actor akan semakin sulit melakukan pencurian data pada website.

2. Mencegah Serangan Phising

Anda pasti pernah menjumpai email yang sengaja mengarahkan pada situs lain, email ini disebut dengan email phising. Dengan menggunakan SSL, ancaman serangan phising lebih dapat diantisipasi.

3. Autentikasi

Sertifikat SSL dapat membantu memastikan informasi yang akan dikirim sampai ke tempat tujuan. Dengan begitu, website dapat terhindar dari ancaman keamanan data atau hacker.

4. Efisiensi Biaya

Tidak hanya berfungsi sebagai sistem keamanan data, SSL juga efektif dalam menghemat biaya, karena itu para pengguna tidak perlu melakukan instalasi software tambahan. 

5. Meningkatkan Ranking SEO

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan rank website di Google adalah penggunaan SSL. Algoritma Google disusun sedemikian rupa, sehingga situs yang memiliki Sertifikat SSL akan mendapat peringkat lebih tinggi di Search Engine Result Pages (SERP).

Cara Meningkatkan Kesadaran Masyarakat atas Pentingnya Keamanan Siber di Era Digital

Tidak dapat dapat dipungkiri kemajuan teknologi yang luar biasa, membawa kemajuan baru dalam teknologi, namun juga membawa tantangan baru, khususnya dalam keamanan siber itu sendiri.

Tentu saja hal ini menjadikan ancaman siber yang semakin kompleks, yang menjadikan perlindungan data dan juga keamanan menjadi prioritas utama, bagi para individu, perusahaan dan pemerintah.

Terdapat beberapa ancaman siber di era digital ini, antara lain:

  1. Malware: merupakan perangkat lunak yang  berbahaya dan sengaja dirancang untuk merusak sistem atau mencuri data. Malware termasuk virus, worm, trojan, ransomware, dan spyware.
  2. Serangan Phishing: Para penyerang mengirim email atau pesan palsu yang mengelabui individu atau perusahaan untuk memberikan informasi pribadi, seperti kata sandi atau rincian keuangan.
  3. Serangan DDoS (Distributed Denial of Service): Serangan DDoS bertujuan untuk membuat layanan atau situs web tidak tersedia dengan mengirim lalu lintas internet yang luar biasa.
  4. Serangan Man-in-the-Middle (MitM): Penyerang mencuri atau mengganggu komunikasi antara dua pihak yang sah, seringkali tanpa pengetahuan keduanya.
  5. Pengintaian (Espionage): Organisasi atau individu dapat mencuri data penting dari perusahaan atau pemerintah dengan tujuan komersial, politik, atau rahasia.

Untuk itulah, sangat penting dalam hal ini memberikan informasi kepada masyarakat agar sadar betapa penting kemanan siber dan perlindungan data di era digital ini.

Dengan pemahaman yang baik mengenai potensi risiko yang bisa saja terjadi, maka masyarakat bisa lebih waspada dalam menggunakan teknologi.

Selain itu, khusus untuk mengamankan website atau blog terdapat beberapa cara melindunginya dari serangan siber, antara lain:

1. Menambahkan HTTPS dan SSL

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) sangat penting untuk mengamankan aktivitas online seperti belanja online, perbankan, dan pekerjaan jarak jauh. 

Yang membedakan antara HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol adalah HTTPS menyertakan otentikasi yang kuat melalui protokol SSL/TLS. Jika sertifikat server telah disertai dengan tanda tangan Certificate Authority (CA) terpercaya, seperti SSL (Secure Socket Layer), maka browser akan menerima setiap informasi pengenal dalam sertifikat telah divalidasi oleh pihak ketiga terpercaya. 

2. Dengan menggunakan kata sandi yang kuat

Salah satu cara melindungi website yang harus dilakukan adalah menggunakan kata sandi yang rumit dan kuat. Memakai kata sandi yang kuat dan rumit akan memperlambat serangan hacker yang masuk ke dalam sistem komputer. Gunakan sandi yang dikombinasikan dengan huruf besar dan kecil, angka, serta simbol-simbol agar kata sandi semakin kuat.

3. Menggunakan web hosting yang aman

Ketika memilih layanan produk web hosting, pastikan layanan web hosting itu aman. Sebaiknya gunakan layanan hosting yang berbayar. Hindari menggunakan web hosting gratis untuk website bisnis onlinemu karena web hosting gratis biasanya kurang terpercaya keamanannya. 

Tentunya masih banyak cara untuk melindungi website dari ancaman siber. Namun yang penting adalah bagaimana mengamankan website dengan menambahkan otentikasi yang kuat dengan sertifikat server yang telah disertai dengan tanda tangan Certificate Authority (CA) terpercaya, seperti SSL (Secure Socket Layer). 

Mengapa Butuh SSL?

Saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi siapa pun penyedia informasi di blog atau website agar data menjadi aman dan meningkatkan kepercayaan para pengunjung atau pelanggan.

Untuk itulah website atau blog membutuhkan SSL. Untuk mengetahui secara sederhana apa itu SSL dan mengapa membutuhkannya, Anda bisa membaca ilustrasi berikut ini:

Saat Anda mengunjungi sebuah website, namun ternyata keterangan ‘Website yang Anda kunjungi tidak aman’, hal ini berarti website tersebut tidak menggunakan Sertifikat SSL dan transmisi data yang terjadi tidak akan aman. Namun, jika Anda melihat website dengan keterangan https maka website tersebut sudah status AMAN.”

Mengapa Butuh SSL?
Ilustrasi (Gambar: Infografis diolah)

SSL (Secure Socket Layer) adalah protokol sekuritas yang membuat tautan terenkripsi antara web server dan browser web. 

Manfaat menggunakan SSL adalah ketika seorang pengunjung mampir ke websitemu, maka data yang terkirim akan aman. Ini akan membangun kepercayaan para pengunjung yang mampir ke websitemu dan tidak segan akan mengunjunginya lagi suatu saat.

Kalau Anda masih bingung mengapa sertifikat SSL sangat penting dan mengapa harus melakukan aktivasi pada website? 

Sertifikat SSL wajib Anda aktifkan pada website, ketika website digunakan untuk transmisi data sensitive seperti data pribadi, password dan proses pembayaran.

Bila Anda abai pada keamanan website, hingga mengabaikan SSL dan menganggap sertifikat SSL tidak penting, maka tinggal tunggu waktu, karena website Anda diberi label tidak aman oleh browser seperti Google dan Firefox. Label tidak aman menjadikan pengunjung ragu pada website Anda, sehingga Anda menghilangkan peluang pelanggan untuk berkunjung dan tertarik pada bisnis Anda.

Dengan kata lain, data yang akan melewati link yang diamankan SSL akan dienkripsi sebelum melakukan transmisi di internet. Dapat diilustrasikan sebagai berikut:

Mengapa Butuh SSL?
Ilustrasi (Gambar: Infografis diolah)

Tidak perlu bingung kemana harus membeli SSL, anda bisa memilih SSL terbaik di Indonesia “SSL Indonesia”.

Website Aman dan Meningkatkan Kredibilitas Website dengan Sertifikat SSL dari SSL Indonesia

Kebutuhan dan rasa bingung Anda tentng SSL akan terjawab dengan semua produk dari SSL indonesia, karena SSL Indonesai sebagai Digital Asset Protector yang memberikan solusi layanan pengalaman online yang lebih aman. Selain itu, SSL Indonesia adalah penyedia sertifikat SSL Terbesar di Indonesia.

Terdapat alasan mengapa harus membeli SSL dari SSL Indonesia, antara lain:

Website Aman dan Meningkatkan Kredibilitas Website dengan Sertifikat SSL dari SSL Indonesia
(Gambar: sslindonesia.com)

  1. Jaminan 30 hari uang kembali.
  2. Green Address Bar (sertifikat dengan jaminan tertinggi).
  3. Enkripsi data terbaik (sudah menggunakan 2.048 bit token keamanan disertai hingga 256 enkripsi, ini adalah tingkat keamanan tertinggi SSL).
  4. Berlaku di semua device dan browser.
  5. Murah.
  6. Validasi Cepat.
  7. Produk yang bervariasi (Terdapat berbagai pilihan dari Sertifikat keamanan SSL terbaik dari Symantec, RapidSSL, Sectigo Formely Comodo CA, GeoTrust, Thawte, dan Trustwave. 
  8. Anytime Support.

Selain itu, SSL Indonesia juga menyediakan pilihan sertifikat SSL dengan harga murah dan proses validasi mudah. Didukung oleh team validasi berpengalaman memudahkan Anda untuk melakukan aktivasi SSL pada website.

Produk SSLL Indonesia

SSL Indonesia juga menyediakan dan men-jual sertifikat SSL, seperti Premium SSL Certificate, Email signing seperti S/MME dan Verified Mark Certificate (VMC) serta SOC for Small-Medium Business.

Jangan khawatir atas harga mahal. SSL Indonesia juga menyediakan SSL Murah dengan harga dibawah 1,5 juta Rupiah. Gunakan promo SSL Murah/TLS Murah tersebut. SSL Indonesia sengaja memberikan promo SSL Murah yang tidak hanya memberikan keamanan yang andal, tapi juga untuk melindungi situs Anda dengan harga terjangkau.

Dalam dunia online yang penuh dengan ancaman, SSL/TLS sertifikat adalah langkah penting untuk mengamankan data. Dengan enkripsi yang kuat, Anda dapat meminimalkan risiko serangan dan melindungi informasi sensitif dari kebocoran.

Tidak hanya itu, SSL Indonesia juga merupakan Global Platinum Partners dari berbagai Brand SSL dan Otoritas Sertifikasi (CA) terkemuka dunia, antara lain:

1. Digicert

Digicert SSL Indoensia merupakan brand nomor 1 dunia dengan tingkat enkripsi paling tinggi up to 256-bit dan algoritma hashinhg 3042-bit hingga 4096-bit dan memiliki fitur malware scaning. Harga yang ditawarkan mulai Rp 3.099.000,0.

Selain itu, Sertifikat DigiCert Wildcard SSL atau Digicert Secure Site adalah cara sempurna untuk mengamankan domain Anda dan semua sub-domainnya dengan cepat, efisien, dan terjangkau. DigiCert telah menguasai proses validasi, jadi OV Wildcard ini dapat menjadi milik Anda hanya dalam beberapa menit setelah pembelian.

Digicert SSL indoensia
Ilustrasi (Gambar: Infografis diolah)

2. Symantec.

Symantec Website Security merupakan solusi terkemuka untuk SSL, managemen sertifikat, pengawasan terhadap kelemahan keamanan, dan juga pemindaian terhadap Malware. Norton™ Secured Seal and Symantec Seal-in-Search adalah fitur yang Anda dapatkan ketika membeli setiap produk dari Symantec. 

Symantec SSL Certificate memberi keamanan lebih, di mana pengunjung website akan mengetahui telah berada dalam kondisi yang aman ketika melakukan pencarian (search), atau browsing, maupun ketika hendak membeli dari sebuah website.

Symantec Website Security
Ilustrasi (Gambar: Infografis diolah)

3. GeoTrust

GeoTrust SSL Indonesia merupakan sertifikat pertama naungan Digicert dengan harga terjangkau, proses validasi cepat dengan enkripsi tinggi untuk keamanan penuh domain website.

GeoTrust SSL
Ilustrasi (Gambar: Infografis diolah)

4. Thawte.

Thawte SSL Indonesia merupakan sertifikat yang diakuisisi Digicert dengan harga lebih terjangkau, proses validasi cepat dengan enkripsi tinggi untuk keamanan penuh domain website.

Thawte SSL Indonesia
Ilustrasi (Gambar: Infografis diolah)

5. RapidSSL

RapidSSL adalah spesialis keamanan internet yang memfokuskan diri sebagai penyedia SSL Certificates untuk kalangan usaha kecil atau menengah (Small/Medium Business) dengan kemampuan 128/256-bit SSL Encryption sesuai dengan Standar SSL Certificate. 

RapidSSL Certificate didedikasikan sebagai penyedia Sertifikat SSL dengan biaya terendah untuk organisasi kalangan kecil atau menengah di pasarnya.

RapidSSL
Ilustrasi (Gambar: Infografis diolah)

6. Globalsign

Sertifikat SSL GlobalSign merupakan sertifikat pertama yang meningkatkan revocation checking untuk situs website HTTPS melalui penggunaan CDN. GlobalSign memiliki berbagai macam fitur yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja situs website yang dilindungi oleh sertifikat SSL.

Sertifikat SSL GlobalSign menawarkan tingkat enkripsi hingga 256bit dan otentikasi 2048bit, menggunakan algoritma SHA 256 dan EV SSL untuk certificate transparency (UI) untuk meningkatkan pengalaman browser Anda.

Sertifikat SSL GlobalSign
Ilustrasi (Gambar: Infografis diolah)

7. Sectigo Formerly Comodo CA.

Sertifikat SSL Sectigo merupakan cara tercepat, efektif dan murah bagi bisnis online yang sedang mencari cara untuk melindungi transaksi pelanggan dengan jaminan tinggi dari sebuah Sertifikat SSL.

Sectigo menawarkan Sertifikat SSL yang murah untuk bisnis skala kecil hingga menengah, termasuk Sectigo Enterprise SSL.

Sertifikat SSL Sectigo
Ilustrasi (Gambar: Infografis diolah)

Dengan membeli dengan membeli sertifikat SSL dari SSL Indonesia, anda akan mendapatkan fitur dan enkripsi data terbaik sebagaimana dari Certificate Authority tersebut di atas.

SSL Indonesia hanya berfokus pada industri SSL semata, hal ini berarti SSL Indonesia betul-betul fokus dan ahli tentang SSL. Mereka bukan hanya menjual SSL tetapi memberikan layanan kebutuhan SSL yang paripurna.

Cara Melakukan Pembelian SSL di SSL Indonesia

Untuk melakukan pembelian SSL di SSL Indonesia cukup mudah. Caranya sebagai berikut:

Cara Melakukan Pembelian SSL di SSL Indonesia
Gambar: Infografis diolah

Cara Pembayaran

Secara garis besar cara pembayaran untuk pembelian Sertifikat SSL Indonesia sangatlah mudah, dan aman. Pembayaran yang sah adalah pembayaran yang ditransfer ke rekening BCA atas nama PT. Glous Tech Info (491-034-675-5).

Berikut di bawah ini proses pembayaran di SSL Indonesia.

proses pembayaran di SSL Indonesia.
Gambar: Infografis diolah

Sangat Mudah Bukan?


Sebagai “KESIMPULAN”
Serfikat SSL adalah kebutuhan. Secara sederhana bahwa sertifikat SSL menjadi jaminan aman bagi website dan pengunjung website. 

Saat ini sertifikat SSL ini menjadi kebutuhan khusus pada website. Website tanpa sertifikat SSL akan ditandai “tidak aman” bahkan dikategorikan sebagai website penipuan oleh browser ternama seperti chrome dan firefox.

Dengan menginstal sertifikat SSL akan membantu menjaga tingkat kredibilitas website, dari tingkat kredibilitas menuju kepercayaan pelanggan, kepuasan pelanggan dan peningkatan pendapatan.

Semoga informasi tentang “Website Aman dengan SSL dari SSL Indonesia” ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.
Referensi:
  1. https://sslindonesia.com/
  2. https://sslindonesia.com/hastag/ssl-adalah/
  3. https://sslindonesia.com/artikel-teknologi-keamanan-jaringan/
  4. https://kominfo.lhokseumawekota.go.id/berita/read/tren-kejahatan-siber-2024-ransomware-masih-jadi-ancaman-202402281709082917
  5. https://youtu.be/rYRSN0o_pCk