asus-vivobook-14-m1405- laptop-asus-terbaik-versiku

Hidup adalah sebuah pilihan, tidak ada yang tahu, nantinya harus bagaimana, dan harus melakukan apa. Begitu pula dalam dunia menulis, antara sengaja atau tidak, dunia menulis yang dulunya hanya dianggap sebelah mata dan hanya sekedar mengisi waktu luang, kini malah menjadi pekerjaan utama.

Dahulu menulis, hanya digunakan untuk sekedar mencurahkan segala cerita, menceritakan keseharian, dan juga sekedar menulis cerpen di antara waktu luang saat bekerja di kantor atau kunjungan ke lapangan saat dalam perjalanan.

Namun, dunia semakin berubah, perkembangan teknologi, kemudahan dan kecanggihan teknologi menjadikan semua hal yang dulunya tidak mungkin, kini menjadi mungkin. Begitu pula dalam dunia menulis, kini hanya dengan sebuah blog kita bisa menuliskan apa yang diinginkan, bahkan tidak hanya itu, selain meneruskan hobi, kita juga bisa menjadi serius dalam menulis blog hingga bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Awal Mula Mengenal ASUS dan Blog Sebagai Wadah Menulis

Semua itu diawali sekitar Januari 2012, mutasi bagian di kantor, ditambah kebutuhan untuk menggunakan alat kerja yang ringkas khususnya laptop dari sebelumnya selalu menggunakan komputer kantor dan laptop yang tebal, menjadikan Saya harus mencari laptop yang bisa mendukung pekerjaan yang nota bene harus ke lapangan, ke tempat nasabah dan juga laptop yang ringan juga ringkas.

Saat itu, di salah satu mall  di Surabaya, mengadakan pameran komputer dan laptop, salah satu yang dipamerkan adalah merk “ASUS” yang saat ini menjadi brand terbesar untuk laptop yang nota bene laptop ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Terdapat salah satu merk dari laptop ASUS yang membuat saya tertarik, selain bentuknya yang kecil juga menggunakan Windows terkini di saat itu, yaitu Windows 7, laptop tersebut adalah “ASUS U24E”.

ASUS U24E
Bekerja dengan ASUS U24E 

Dan disinilah menjadi awal mulai berkenalan dan bangga menggunakan produk ASUS, selain bentuknya yang ringkas, ringan dan juga dengan loading yang cepat.  ASUS U24E akhirnya menjadi pilihan Saya, tentu saja dengan bodi yang tidak terlalu besar, dengan ukuran yang hanya 11,6 inch, laptop dengan ukuran mini ini bisa dibawa kemana saja.

Bahkan saat itu yang masih belum dikenal dengan WFH (Work From Home) dan WFC (Work From Café), Saya sudah menerapkan dengan bekerja di WFWK (Work From Warung Kopi). Dengan menggunakan laptop luar biasa ASUS ini, tentu saja bisa di bawa kemana saja dan mudah. Selain itu, dimensinya pun tidak sebesar laptop pada umumnya yang tidak menghabiskan banyak ruang kalau disimpan di tas.

WFWK (Work From Warung Kopi)
WFWK (Work From Warung Kopi)

Untuk performa?  Jangan salah, saat itu laptop pilihan saya ASUS U24E menjadi laptop yang ter-the best, karena ASUS U24E ini sudah disematkan dengan hardware dan fitur yang lengkap. Apalagi dengan generasi kedua dari Intel Core i3, membuat laptop ini bisa melakukan pekerjaan dengan baik.

Laptop kecil yang hebat ini pun sudah didukung RAM yang cukup besar, bayangkan di tahun 2012 saja dengan ukuran layar 11,6 inch sudah memiliki RAM 4GB, DDR3. Ditambah dengan memori penyimpanan dengan kapasitas 500 GB dengan kecepatan tranfer 7200 rpm, memuat pemindahan data dengan ukuran besar pun tidak terlalu lama.

Sebagai staf analis perbankan yang dituntut untuk bekerja cepat, tentu saja dengan kehadiran ASUS U24E saat itu sangat membantu pekerjaan, ditambah  ukurannya yang ringkas. Membuatnya mudah membawa laptop ASUS U24E itu.

Menjadi Blogger Ternyata Butuh Upgrade Laptop… dari ASUS U24E ke ASUS Vivobook 14 M1405

Waktu semakin cepat, perlahan namun pasti, tidak terasa semua terasa begitu cepat. Seiring dengan berjalannya waktu, membuat hidup harus terus memilih. Mulai dari karir di perkantoran, hingga akhirnya memutuskan untuk memilih sebagai seorang entreprenur. Ternyata meskipun memiih menjadi entrepreneur pun masih tidak bisa lepas dari laptop dan menulis.

ASUS U24E masih menjadi laptop unggulan dan senjata andalan dalam bekerja entah hanya menulis artikel di salah satu platform majalah nasional, menulis blog atau juga dalam mencari informasi yang berhubungan usaha yang Saya jalani saat itu.

Siapa menyangka, meskipun memilih entrepreneur sebagai pilihan setelah melepas karir pekerja kantoran, perkenalan dengan dunia menulis dalam hal ini blog di tahun 2017, seperti candu yang tidak bisa lepas sampai saat ini. Diawali dengan hanya menulis pengalaman dalam memulai berbisnis, menulis pengalaman saat survei menikmati menu-menu kuliner, dan banyak hal lainnya menjadikan menulis menjadi pengalaman hidup yang luar biasa.

Tahun 2020 sepertinya menjadi puncak dimana Saya harus memilih, karena semua bidang harus dijlani dengan fokus, konsisten dan siap menjalani proses. Wabah Covid-19 membuat Saya harus menutup sementara bisnis kuliner yang sudah Saya geluti sejak tahun 2014. Dan disinilah akhirnya, Blogger menjadi pilihan hidup sampai sekarang.

Seiring berjalannya waktu, menjadikan menulis tidak lagi menjadi hobi, namun menjadi pilihan hidup yang harus dilakukan. Entah apakah karena harus dipaksa karena Covid-19 yang saat itu menyerang seluruh sendi kehidupan ataukah passion yang memaksa diri untuk mulai menulis, namun semua itu adalah suatu perjalanan yang harus dijalani.

Siapa yang menyangka dengan laptop kecil ASUS U24E menjadi laptop kesayangan yang selalu bisa membawa Saya ke dunia yang tidak terbayangkan sebelumnya. Namun waktu berjalan cepat, layaknya mahluk hidup yang lama kelamaan semakin menurun kemampuannya, begitu pula dengan si kecil ASUS U24E ini, “laptop terbaik versiku”, yang  setelah menemani sejak tahun 2012 sampai saat ini 2023, hampir 11 tahun berjalan, tanpa memungkiri manfaat dan kesetiaan dalam menemani selama ini. Akhirnya Saya pun harus mencari adik untuk ASUS U24E, tentunya dengan kemampuan yang lebih baik dan lebih cepat dan bisa dibawa kemana saja.

Perkembangan teknologi, dunia digital dan juga kebutuhan untuk bisa mempercepat pekerjaan, akhirnya harus memilih ASUS Vivobook 14 M1405 sebagai pilihan laptop terbaik.

Memilih ASUS Vivobook 14 M1405 Sebagai Partner Blogger

Dunia semakin berubah dengan cepat, begitu pula dalam memilih sebuah laptop yang tidak hanya sebagai alat kerja dalam menyelesaikan pekerjaan dan menuntaskan target pekerjaan, namun laptop bagi seorang blogger adalah seorang partner yang bisa diajak menjalani apa pun. 

Bekerja kerja ayooo… Hiburan pun hayyuuuk…"

Informasi yang bisa didapat dengan cepat… akhirnya membawa pada suatu pilihan yang tidak bisa ke lain hati, ASUS Vivobook 14 M1405 menjadi pilihan sebagai partner dalam menulis.

Upgrade ke ASUS Vivobook 14 M1405
Upgrade ke ASUS Vivobook 14 M1405
 
Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa harus memilih ‘ASUS Vivobook 14 M1405’?”

Performa ASUS Vivobook 14 M1405

ASUS memang berbeda dengan produsen laptop lainnya, hal ini disebabkan ASUS sebagai brand terkemuka selalu konsisten dalam menyediakan produk unggulan yang luar biasa dengan spesifikasi yang tinggi.

Dan yang menarik mengapa harus memilih ‘ASUS Vivobook 14 M1405’? Karena tipe M1405 ini sudah mengusung prosesor AMD Ryzen 7000 dengan berbagai pembaharuan, yaitu RyzenTM 7 7730U untuk memberikan performa maksimal saat menjalankan aplikasi yang berat.

ASUS Vivobook 14 M1405 sebagai partner blogger
ASUS Vivobook 14 M1405 sebagai partner blogger 

Ditambah lagi, bahwa ASUS Vivobook 14 M1405 ini adalah laptop tipis dengan tampilan yang menarik, dengan dua pilihan varian warna, yaitu Indie Black dan Cool Silver dengan tampilan elegan dan minimalis.

Layar ASUS Vivobook 14 M1405

Selain performanya, tentu saja yang membuat menarik dan harus memilih laptop ASUS Vivobook 14 M1405 ini adalah disematkannya integrated AMD Radeon Graphics untuk memperlancar penggunaan prosesor tersebut.

Dari sisi model, laptop ASUS Vivobook 14 M1405 menjadi laptop kekinian yang pas untuk dipakai oleh siapa pun, ditambah lagi dengan fitur layar dengan engsel 180°, cover fisik webcam dan tombol fungsi khusus untuk mengaktifkan dan non aktifkan mikrofon.

Performa ASUS Vivobook 14 M1405
User friendly design

Asus memberikan layar yang tidak perlu lagi diragukan spesifikasinya. Varian layar ini hadir dengan ukuran 14 inch, WUXGA (1920 x 1200) 16:10 aspect ratio, IPS-level Panel, LED Backlit, 60Hz refresh rate, 300nits, 45% NTSC color gamut, Anti-glare display, Non-touch screen, (Screen-to-body ratio)86%.

Kenyamanan pengguna saat mengoperasikan laptop tersebut tentu tidak perlu diragukan lagi. Gambar jernih dan tajam berkat teknologi layar yang ada sudah lebih dari cukup untuk menunjang setiap keperluan saat bekerja.

Memori ASUS Vivobook 14 M1405

Hal menarik lainnya sehingga proseseor bisa bekerja dengan maksimal yaitu dengan dukungan penuh  dari RAM dan storage berkapasitas besar. RAM 16 GB DDR4 disematkan pada laptop satu ini, dengan RAM 8 GB DDR4 on board dan 8 GB DDR4 SO-DIMM. 

Sedangkan untuk menyimpan data penting, storage dengan kapasitas 512 GB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD disematkan pada laptop satu ini. Dengan banyaknya kapasitas yang ditawarkan, setiap data penting tentu bisa disimpan dengan mudah dan aman.

Konektivitas ASUS Vivobook 14 M1405

Konektivitas juga menjadi unsur penting pada laptop. Pada bagian wireless, Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 1*1 dan Bluetooth 5 disematkan agar bisa menangkap sinyal yang stabil serta mempermudah pengiriman dan penerimaan data penting. Sedangkan pada bagian wired sederet I/O port hadir di sisi kanan dan kiri laptop. Port USB 2.0 Type-A, USB 3.2 Gen 1 Type-C support power delivery, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI 1.4, 3.5mm Combo Audio Jack, serta DC-in.

Konektivitas ASUS Vivobook 14 M1405
Konektivitas ASUS Vivobook 14 M1405

Tidak hanya itu, Chiclet Keyboard, 1.4mm Key-travel, Touchpad dengan Backlit Chiclet Keyboard, 1.4mm Key-travel, Touchpad, Support NumberPad, 720p HD camera With privacy shutter, serta Built-in speaker and array microphone dengan dukungan Cortana voice-recognition juga hadir pada Asus Vivobook 14 OLED (M1405).

ASUS Vivobook 14 M1405 keyboard
Keyboard yang nyaman

Selain konektivitas, baterai juga turut menjadi perhatian. Asus Vivobook 14 OLED (M1405) mengusung dua kapasitas baterai 42WHrs dan 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion. Dengan kapasitas tersebut, bisa dibilang daya tahan baterai Asus Vivobook 14 OLED (M1405) cukup bagus. Maka dari itu, waktu penggunaan Asus Vivobook 14 OLED (M1405) tentu akan lebih lama. 

ASUS Vivobook 14 M1405 Menjadi Pilihanku

Berbagai hal di atas tentu menjadi pertimbangan tersendiri mengapa harus memilih “ASUS Vivobook 14 M1405”. 

ASUS Vivobook 14 M1405
Spesifikasi ASUS Vivobook 14 M1405

Laptop ASUS Vivobook 14 M1405 ini hanya dibandrol dengan harga Rp.  11.299.00,-. Harga yang sangat terjangkau untuk laptop canggih dengan tipe Vivobook.

Selain itu juga terdapat hal menarik, yaitu: 

"Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.

Semoga informasi tentang ASUS Vivobook 14 M1405 ini bermanfaat dan memberikan referensi dan juga bisa memotivasi kita semua bahwa kita bisa meraih mimpi dan harapan.

asus-vivobook-14-m1405- laptop-asus-terbaik-versiku

“Artikel ini diikutsertakan dalam ‘Blog Writing Competition: Laptop ASUS Terbaik Versi Gue!’ bersama adventurose.com



Sumber:

  • http://www.asus.com/id
  • https://www.asus.com/id/laptops/for-home/vivobook/asus-vivobook-14-m1405/
  • https://www.asus.com/id/laptops/for-home/vivobook/asus-vivobook-14-m1405/techspec
  • https://www.adventurose.com/2023/08/blog-writing-competition-laptop-asus-terbaik-versi-gue.html

Gambar:

  • https://www.asus.com/id/laptops/for-home/vivobook/asus-vivobook-14-m1405/
  • Gambar laptop ASUS U24E (Dokumen pribadi).
  • Infografis diolah dengan canva.