Tahun 2023 bisa dikatakan tahun penuh tantangan, setelah tahun 2022 kemarin kita mulai dibangunkan dari tidur karena semua bisnis mengalami keterpurukan, kini saatnya kita bangkit dari tidur kita. Kalau bingung mau melakukan apa, mungkin menulis bisa menjadi pilihan kalau Anda ingin menyalurkan hobi, ya menulis blog, ya gajian, bisa j suatu pilihan menarik, kalau blog Anda sudah dimonetize.

Monetize Blog dan Tipsnya

Diantara berbagai pilihan periklanan yang bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan uang dari blog, sepertinya Google Adsense masih mendominasi para konten kreator, termasuk para blogger.

tips-monetize-blog
Ilustrasi

Ada sedikit tips dari bloger senior “Dani Alfin Pratama”, untuk bisa memonetize blog Anda, yaitu:

  1. Mau bikin satu blog tetapi berkualitas, atau.
  2. Bikin ratusan blog tapi seumur jagung.

Dan tipsnya dari Kang Dani:

  • Kalau Anda memilih yang nomor 1, maka Anda harus sabar, mahal, yang penting bisa cukup makan dulu. Karena  akan meledak di masa depan dan makin naik kalo bisa memberikan terbaik pada blog tersebut.
  • Kalau memilih yang kedua, katanya sih cepat jadi OKB (Orang Kaya Baru) dan cepet modar juga.

Dari berbagi diskusi dengan para blogger yang lainnya, dahulu blog dengan base on image yang jadi idola karena lebih cepat menghasilkan uang, ternyata sekarang banyak yang dibabat habis oleh Google, karena menurut para blogger sukses tersebut yang masih bertahan adalah para pemain atau blogger dengan konten HQ (High Quality) yang membuat artikel atau posting artikelnya tetap dicari, sehingga para blogger ini tetap santai dan tahan badai.

Para pemain blog artikel dengan konten yang berkualitas baki dari image, video dan juga artikel yang memiliki score page bagus, load time agus dan juga optimasi bagus. Atau bisa dikatakan SEO On Page dan SEO Off Page-nya harus bagus.

Oke…itu dia sedikit catatan dan tips blog hari ini. Semoga tulisan “ya menulis blog, ya gajian” ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda dalam menulis blog dan memonetizenya.