Mas, ada disposisi tuh, kayaknya besok harus ke Tanjung Benoa, Bali, ada perusahaan perikanan yang harus di survey.”

Pak Fir…. Dicari Pak Direktur Bisnis, diminta segera menghadap, sepertinya besok lusa, Pak Fir diminta ke Balikpapan untuk mengecheck kelayakan bisnis perusahaan sawit calon nasabah.”

Dan berbagai disposisi dan note yang sering sampai di meja kerjaku…

Berbagai cerita menarik, dan kisah perjalanan tersebut, selalu menghiasi kisah harianku saat masih berada dalam Divisi Bisnis sebuah perusahaan BUMN. Setiap hari ada saja yang harus dilakukan, mulai dari bertemu dengan client, melihat kondisi usaha, dan tidak jarang harus melakukan kunjungan mendadak ke berbagai daerah, karena Saya saat itu bertugas di kantor pusat Jakarta.

Terus bagaimana dengan segala akomodasi dan segala keperluan yang dibutuhkan? Memang saat itu tidak semudah sekarang, sekitar tahun 2012 sampai 2013 menjadi masa dimana Saya harus sering melihat berbagai nasabah dan juga bisnis nasabah yang kompleks. Tentunya untuk bisa segera bisa berangkat, maka Saya pun harus siap berhubungan dengan Bagian SDM atau meminta tolong pihak Corsec (Corporate Secretary) bila semua itu berhubungan dengan aktivitas Direksi.

Namun, bila hal tersebut tidak mungkin dilakukan, tentu saja Saya harus mengusahakannya sendiri dengan cepat, meskipun pada kemudian hari selalu diganti kantor atau istilahnya di-reimburse, yaitu suau metode untuk membayar kembali pada karyawan yang sudah menggunakan uang mereka sendiri untuk pengeluaran yang berhubungan dengan kepentingan pekerjaan atau bisnis perusahaan. Dan tentu saja dari dua hal yang bisa dilakukan untuk melakukan akomodasi mendadak, Saya lebih memilih sistem reimbursement, dan saat itu kartu kredit sering menjadi senjata Saya.

Traveloka PayLater Mengapa Kau Baru Muncul Sekarang?

Jaman semakin berubah, dengan berkembangnya teknologi, ditambah dengan berbagai inovasi karena tuntutan kebutuhan, dan perkembangan bisnis. Semakin banyak cara, termasuk fasilitas dibuat untuk memberi kemudahan bagi siapa saja yang menginginkan dan membutuhkannya.

Berbeda dahulu, berbeda dengan sekarang. Dahulu karena kebutuhan dan kecepatan agar bisa bergerak, termasuk agar bisa berangkat ke tempat tujuan dengan cepat, maka membeli berbagai tiket penerbangan yang harus dibayar sangat terbantu dengan keberadaan kartu kredit. Namun kini, dengan inovasi yang telah dilakukan Traveloka, hal tersebut bisa terpecahkan, dengan hadirnya Traveloka PayLater.

Apakah Traveloka PayLater itu? Ini yang menarik, Traveloka PayLater merupakan salah satu pilihan metode pembayaran yang tersedia di aplikasi Traveloka, yang bekerjasama dengan mitra penyedia pinjaman, yaitu Danamas dan Caturnusa Sejahtera Finance yang berizin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Secara umum, PayLater bisa digunakan untuk membayar semua produk yang tersedia di Traveloka, kecuali beberapa produk tagihan dan isi ulang seperti pulsa dan paket internet, voucher game, kartu kredit, angsuran kredit, dan uang elektronik.

Nah… Saat berbelanja dengan menggunakan metode pembayaran PayLater, maka Anda akan menggunakan limit Traveloka PayLater yang diberikan oleh pihak penyedia pinjaman untuk membayar produk yang Anda beli.

Tenang Mau Kemana Aja, Gak Usah Bingung Ada “Traveloka PayLater”
Foto: tirto.id diolah

Oke…disinilah peran prinsip kebutuhan dan keinginan menjadi hal utama. Meskipun prinsip PayLater atau bayar kemudian adalah hal yang biasa dan sah-sah saja digunakan dalam kondisi apa pun, namun Anda harus menggunakannya secara bijak.

Oke… kembali pada pembahasan tentang PayLater di Traveloka. Mungkin kalau dahulu Traveloka PayLater sudah ada, sepertinya Saya dan tim saat itu tidak perlu harus menggunakan kartu kredit, sambil harap-harap cemas. Tapi oke lah…Mungkin ini yang menunjukkan sebagai perkembangan inovasi, dan saya pikir Traveloka dengan aplikasi PayLater-nya bisa memberikan kemudahan bagi siapa pun  yang sering melakukan tugas mendadak ke luar kota atau kemana pun, dan ini sebagai wujud kemudahan yang harus diapresiasi.

Apa yang Mereka Bilang tentang Traveloka PayLater?

Tentunya setiap dibuatnya aplikasi atau peralatan, tujuan utama yang diharapkan adalah kemudahan dan bisa memudahkan setiap aktivitas dan pekerjaan.  Begitu pula dengan Traveloka PayLater, mungkin kalau Anda menanykan pada generasi oldiest, mereka pasti bilang “repot, ribet, mending minta tolong ke yang lain saja”. 

Tapi kalau Anda menanyakan kegunaan Traveloka PayLater pada anak jaman now yang sudah bekerja dan sering melakukan perjalanan dinas ke luar kota atau luar pula, atau mereka yang sering membuat konten traveling, maka JELAS… Banyak yang mengatakan “JUJUR  guna baget pake Traveloka PayLater”. 

Kemudahan ini bisa dilihat dari cara datarnya yang nggak ribet, verifikasi yang mudah dan mudah dalam penggunaannya. 

Survei Wisatawan Nusantara 2018” oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap jumlah perjalanan sepanjang 2018 mencapai 303,40 juta atau meningkat 12,37 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dengan total pengeluaran mencapai Rp291,02 triliun (meningkat 17,89 persen). 

Apalagi kini siapa pun bisa liburan nyaman kapan saja dan ke mana saja berkat pembayaran PayLater dari Traveloka. Fasilitas ini memungkinkan pengguna membayar cicilan atau kredit online tanpa kartu kredit plus berbiaya rendah dan bebas dari biaya tambahan seperti biaya tahunan dan uang muka, cocok untuk para traveler terutama milenial, generasi yang paling ringan mengeluarkan biaya untuk hiburan dan gaya hidup, cenderung spontan, serta suka hal-hal yang serba-instan. (tirto.id)

Hal ini juga didukung oleh Nadia Rachmadany, media implementer, hobi melancong ke Jepang dan selalu mengandalkan PayLater untuk memenuhi hampir semua kebutuhan traveling-nya. “Traveloka PayLater menurut aku sih menolong banget. Bisa dipakai buat cicilan tiket atau biayain akomodasi selama di sana, termasuk JR Pass, tiket masuk tempat wisata, WiFi. Setidaknya membuat liburan jadi tidak terlalu terbebani karena harus bayar sekaligus. Kita bisa alihkan bujet buat beli oleh-oleh atau kebutuhan yang lain dulu,” katanya.

Kemudahan dalam Proses Pendaftaran dan Pengaktifan Traveloka PayLater

Mulai tertarik dengan Traveloka PayLater? Oke.. Kita mulai dari proses pendaftaran…

Kemudahan dalam Proses Pendaftaran dan Pengaktifan Traveloka PayLater

“Untuk bisa menggunakan Traveloka PayLater, Anda harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran akun. Sebelumnya, perlu dipastikan Anda merupakan pemilik KTP yang sah dan berumur di antara 21 hingga 70 tahun.”

Baru kemudian ikuti langkah mudah, berikut ini:

  1. Siapkan KTP Anda yang sah, kemudian kunjungi halaman travelokaPay dari halaman awal aplikasi Traveloka. 
  2. Ketuk Kartu Tanpa Kredit dan ikuti instruksi pada formulir pemesanan. Harap diketahui bahwa Anda perlu mengambil foto diri untuk keperluan verifikasi. 
  3. Setelah Anda menyelesaikan aplikasi, aplikasi akan diproses dalam 60 menit.

Mudah bukan? Setelah aplikasi Anda disetejui, Anda akan mendapatkan limit Traveloka PayLater antara Rp 1 juta hingga Rp 50 juta.

Kemudahan dalam Proses Pendaftaran dan Pengaktifan Traveloka PayLater

Limit tersebut bisa digunakan untuk membeli beragam produk yang tersedia di Traveloka, kecuali beberapa produk tagihan dan isi ulang seperti pulsa dan paket internet, voucher game, kartu kredit, angsuran kredit, dan uang elektronik. 

Untuk diketahui, PayLater hanya bisa digunakan untuk transaksi senilai Rp 50.000 ke atas. Selain itu, opsi cicilan hanya tersedia untuk transaksi senilai Rp 500.000 ke atas.

Oke… Setelah proses pendaftaran selesai, Anda bisa mencoba untuk mulai membeli produk Traveloka dengan PayLaterlangkahnya sebagai berikut:

  1. Pada halaman pembayaran, pilihlah PayLater. 
  2. Tentukan jika Anda ingin membayar secara penuh 1 bulan kemudian atau membayar dengan cicilan, jika tersedia. Ketuk Lanjutkan. 
  3. Ketuk Beli Dengan PayLater. 
  4. Kemudian, ketuk Kirim untuk mengirim kode verifikasi ke nomor ponsel Anda. 
  5. Masukkan kode verifikasi, lalu ketuk Verifikasi. 
  6. Cek kembali detail pembelian Anda, dan ketuk Lanjutkan. 
  7. Transaksi Anda pun selesai! 
  8. Ketuk Lihat Progres Pembelian untuk melihat status pesanan Anda.

Fitur Unik dan Keunggulan Traveloka PayLater

So.. Sudah tidak bingung lagi dengan Traveloka PayLater bukan?

Dibanding berbagai tawaran PayLater lain yang banyak melakukan penawaran, Traveloka PayLater MENJADI juaranya. Coba simak fitur uniknya:

  • Satu-satunya paylater dengan fasilitas kartu kredit resmi.
  • Bisa dipakai secara ONLINE dan OFFLINE, di puluhan ribu merchant nasional dan internasional.
  • Limit sampai Rp50 juta, dengan tenor 2 tahun.

Selain fitur uniknya, Traveloka PayLater memiliki keunggulan, antara lain:

  • Bunga pinjaman hanya 2%/bulan (flat).
  • Denda keterlambatan bayar maksimal 1% sampai maksimal Rp100 ribu.
  • Biaya administrasi 0%.
  • Transaksi tidak terbatas pada booking hotel atau tiket, tapi segala jenis transaksi pembelian

Tips Menggunakan Traveloka PayLater

Yess… Sekarang kemana pun perginya sudah tidak perlu khawatair, apalagi untuk pergi ke tempat wisata atau kota lain, atau bahkan traveling ke luar pulau. Ada Traveloka PayLater yang bisa membantu dalam segala kondisi.

Tentunya dengan kemudahan tersebut, tidak boleh membuat kita terlena, dengan menggunakan seenak sendiri tanpa perencanaan yang matang. Saya sendiri pun mengakui, kalau “Jujur guna banget pakai PayLater”, kekhwatiran pada saat mendadak bisa terbantu dengan PayLater.

Namun, meskipun sangat terbantu ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, sebagai berikut:

Tips Menggunakan Traveloka PayLater

1 | Perencanaan yang Matang.

Merencanakan sesuatu adalah hal yang sangat penting, apalagi tentang keuangan. Begitu pula saat akan melakukan perjalanan, khususnya untuk melakukan traveling sendiri. Hal berbeda kalau perjalanan yang akan dilakukan atas biaya dinas.

Terdapat dua hal yang harus dicatat, antara lain: 

  • Rencanakan perjalanan Anda di muka, hindari waktu pemesanan yang terlalu dekat dengan tanggal keberangkatan Anda. 
  • Menggunakan PayLater sebagai pilihan metode pembayaran secara rutin dan rencanakan penggunaan limit Anda. Harap waspada ketika total tagihan Anda dalam 30 hari ke depan mendekati 40 persen dari total limit Anda karena hal tersebut dapat menurunkan skor Anda.

2 | Bertanggung Jawab Terhadap Pembelian.

Mengetahui kemampuan menjadi hal utama, apalagi saat memutuskan untuk traveling, mengetahui segala biaya, mulai dari hal kecil menjadi sangat penting. Untuk itu lakukan beberapa hal di bawah ini: 

  • Rencanakan pengeluaran Anda dengan hati-hati dan jangan membelanjakan lebih dari yang Anda mampu bayar. 
  • Rencanakan angsuran Anda dengan memanfaatkan opsi cicilan bulanan untuk meringankan beban tagihan bulanan Anda. 

3 | Bayar Tepat Waktu.

Setelah Anda memilih dan menggunakan produk Traveloka PayLater, maka berkomitmen menjadi hal penting, terdapat 2 hal yang harus dilakukan, yaitu:  

  • Bayar tagihan Anda tepat waktu. 
  • Atur pengingat dan atur keuangan Anda di sekitar pembayaran untuk menghindari pembayaran terlambat.

4 | Gunakan Traveloka PayLater saat membutuhkan atau sebagai back up. 

Misalnya untuk booking tiket pesawat yang harganya lumayan mahal untuk saat ini.

Semoga informasi tentang Traveloka PayLater inibermanfaat dan memberikan referensi dan juga bisa memotivasi kita dan bisa menggunakannya dengan baik semua fasilitas dan kemudahan yang sudah kita dapatkan.

Artikel ini diikutsertakan dalam Traveloka PayLater Blog Competition