Siapa yang mengira kalau setelah wabah andemi Covid-19 ini mereda, konisi ekonomi masih belum membaik. Tidak hanya itu, sejak kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) otomatis semua bahan baku juga ikut naik, yang menyedihkan adalah harga sewa untuk lahan bisnis juga ikut naik, mulai ruko, lahan kososng juga ikut naik. Hal ini membutuhkan sebuah solusi konkrit bahwa bisnis harus tetap berjalan, apalagi kalau bisnis ini selama ini sudah memiliki nama dan sudah punya pelanggan. Sepertinya bisnis food truck, solusi saat lahan semakin mahal bisa menjadi alternatif.

Bisnis Food Truck Solusi Saat Lahan Semakin Mahal
Ilustrasi (Foto: facebook.com)

Banyak yang mengatakan bahwa bisnis dengan food truck adalah sebuah inovasi. Jawabannya bisa ”YA” bisa “TIDAk”. Mengapa demikian? Bagi Saya yang sudah terjun dalam dunia bisnis, sebenarnya bisnis food truck adalah keterpaksaan bagi seorang entrepreneur, karena memang dana untuk sewa tempat sudah sangat menipis atau tidak ada, sehingga butuh terobosan agar bisa jualan.

Bisnis dengan Konsep Food Truck di Era Saat Ini

Mengutip dari finansialku.com, di Amerika, bisnis food truck memang diakui sebagai salah satu bisnis kekinian dengan peluang berkembang sangat besar. Bisnis ini diestimasikan tumbuh ke angka US$2,17 miliar (atau setara dengan Rp30,5 triliun) di AS per 2017, yang berarti meningkat hampir empat kali lipat dari US$650 juta (setara dengan 9,1 triliun) di tahun 2012.

Foto: facebook.com/awirachma

Nah yang bagaimana kalau dikembangkan di Indonesia? Saat ini yang perlu dilihat adalah potensinya, yaitu: 

  1. Biaya investasi lebih terjangkau dalam jangka panjang dengan konsep takeaway
  2. Fleksibel, bisa berpindah tempat ke berbagai lokasi strategis dengan potensi penjualan yang besar
  3. Dapat secara proaktif mendekatkan produk langsung ke calon konsumen, sehingga biaya pemasaran dapat ditekan
  4. Adanya perubahan tren yang memungkinkan bisnis ini terus berkembang

Semoga sedikit informasi ini, tentang “bisnis food truck, solusi saat lahan semakin mahal” ini bisa memberi ide khususnya bagi Saya dan Anda dalam mencari ide bisnis yang tepat, apalagi saat ini semua serba mahal, membuat kita pelaku bisnis harus mencari terobosan yang tepat.