Era digital adalah sebuah era dimana masyarakat mengerti dan paham akan teknologi. Mudah, cepat dan instan menjadi sebuah jargon utama yang diiinginkan pada era ini. Internet menjadi sebuah alat utama yang digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat. Begitu pula dengan aktivitas bisnis, dengan berkembangnya teknologi menjadikan semua berkembang dengan cepat, hal ini ditunjukkan dengan semakin berkembang dan meningkatknya perkembangan bisnis online. Begitu banyak bisnis online yang tersedia diinternet yang menyediakan segala kemudahannya. Salah satu diantaranya adalah Blibli.com. Blibli.com adalah salah satu toko online yang memberikan kemudahan dalam berbelanja, bahkan dengan fitur QR code dan click & collect menjadi solusi praktis jualan laris di Blibli.com.

Era digital menjadi sebuah era yang memberikan semua kemudahan, khususnya bagi anda yang senang berbelaja, banyak sekali kemudahan yang bisa dilakukan di era ini, bahkan dalam hal berbelanja anda tidak perlu repot untuk pergi ke toko, namun dengan internet ditangan dengan menggunakan sebuah smartphone, kebutuhan tersebut bisa teratasi dengan munculnya toko online yang menjual segala kebutuhan dengan lengkap, mulai dari kebutuhan pokok, bayar pulsa, bayar lisrik, membeli perlengkapan komputer bahkan sampai membeli sebuah game oline.

Fitur Qr Code Dan Click &Collect Solusi Praktis Jualan Laris Di Blibli.com
Sumber Gambar: Blibli.com

Blibli.com sebagai salah satu start up E-commerce di Indonesia yang memberikan pelayanan dan kemudahan terbaik bagi para penjual dan pembeli, sengaja menyediakan toko online yang lengkap, hal ini dengan tujuan untuk memberikan wadah dan kemudahan bagi para penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi online secara mudah dan cepat, dengan hanya mengandalkan teknologi pintar yang dimiliki, baik laptop ataupun smartphone.

Blibli.com E-commerce Dengan Konsep Mall

Terdapat hal yang berbeda dengan toko online yang satu ini. Blibli.com menjadi salah satu E-commerce yang menggunakan konsep toko online yang berbeda dibanding E-commerce lainnya, konsep yang digunakan adalah belanja online seperti layaknya berbelanja di mall. Konsep ini sengaja dibuat dengan alasan untuk membiasakan masyarakat Idonesia yang senang berbelanja di mall untuk bisa mendapatkan tempat tersendiri melalui toko online dan juga bisa menemukan barang yang dicari dengan mudah dan tidak pakai ribet, hal ini sesuai dengan karakteristik generasi milineal yang hidup di era digital yang sangat menyukai kecepatan dan kemudahan.

Tampilan depan website Blibli.com;Fitur Qr Code Dan Click &Collect Solusi Praktis Jualan Laris Di Blibli.com
Tampilan depan website Blibli.com (Sumber Gambar: borongbarang.riftom.com)

Sebagai sebuah perusahaan E-commerce yang merupakan divisi dari PT. Global Digital Niaga, yang merupakan anak perusahaan Djarum yang bergerak dibidang digital, Blibli.com diharapkan menjadi sebuah perusahaan E-commerce terbaik di Indonesia dengan memberikan sebuah wadah terbaik, bagi para penjual dan pembeli di Indonesia, hal ini dilakukan dengan melakukan kerjasama teknologi provider kelas dunia dan juga para mitra logistik, perbankan serta berbagai merchant dengan standar yang telah ditetapkan Blibli.com. Hal ini dengan tujuan agar bisa menciptakan sebuah sistem banck-end yang bisa memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Fitur QR Code dan Click & Collect Blibli.com Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Memiliki sebuah wadah untuk menjual barang menjadi keuntungan tersendiri, khususnya bagi para penjual online, harapan tersebut dapat diwujudkan dengan memanfaatkan wadah dari E-commerce atau marketplace lokal yang ada di Indonesia. Melalui Blibli.com, bagi anda yang memiliki usaha online akan mendapatkan keuntungan tersendiri, apalagi Blibli.com adalah marketplace yng memiliki pengguna yang sangat banyak, hal ini menjadikan produk yang dijual bisa dilihat oleh para calon pembeli.

Fitur QR Code dan Click & Collect Blibli.com Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan
Sumber Gambar: Blibli.com

Selain itu, dengan menggunakan Blibli.com akan memberikan keuntungan tidak hanya bagi anda seorang penjual, namun juga bagi anda yang memiliki profesi sebaga reseller maupun dropshipper. Banyak sekali strategi bisnis terutama dari sistem digital marketing yang dikembangkan dan juga terobosan-terobosan yang dilakukan Blibli.com dalam rangka meningkatkan penjualan, hal ini dimaksudkan agar berjualan online bisa semakin laris. Terdapat dua strategi yang digunakan oleh Blibli.com antara lain:
  • Penambahan Fitur QR Code.
  • Penambahan Fitur Click & colect

Fitur QR Code

Fitur QR Code adalah sebuah sistem pembayaran yang dikembangkan oleh Blibli.com  dengan menggunakan teknologi QR Code (Quick Response Code)atau juga disebut dengan QR Payment. Sistem ini diharapkan bisa menjadi sebuah sistem pembayaran utama yang digunakan oleh Blibli.com karena sistem ini lebih praktis dan efisien. Sistem ini sebenarnya akan menjadi sebuah sistem cashless (sistem non tunai).

Proses pembayaran di Blibli.com bisa dilakukan dengan cara memindai QR Code yang didapatkan , baru selanjutnya dilakukan QR Payment, yaitu sistem pembayaran elektronik yang dilakukan dengan memindai QR Code yang telah didapatkan, sehingga pembayaran bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, sehingga tidak membutuhkan kartu yang digesekkan ke mesin EDC atau harus ke ATM.

Fitur Click & Collect

Agar penjualan bisa meningkat, selain mengenalkan fitur baru yaitu QR Code, Blibli.com juga memiliki strategi digital marketing lainnya, yaitu memberikan fitur baru yaitu fitur Click & Collect, yang merupakan strtagei 02O (Online to Offline). Fitur ini sengaja dibuat untuk memberi kemudahan bagi para pelanggan Blibli.com untuk berbelanja online di website dan juga melalui aplikasi Blibli.com, tanpa mengalami kerepotan menunggu kurir untuk mengantarkan pesanan, karena para pelanggan setia Blibli.com bisa langsung mengambil pesanan barang yang telah dilakukan dengan datang langsung ke toko offline yang telah dipilih, yang telah menjadi merchant partner Blibli.com (Sistem Collect). Atau dengan kata lain, memberikan kemudahan bagi para pelanggan melakukan pembelian secara online dan melakukan pengambilan barang secara offline.

Salah satu kerjasama yang dilakukan oleh Blibli.com adalah sistem kerjasama yang dilakukan dengan Alfamart. Dengan konsep ini, para pelanggan Blibli.com dan Alfamart bisa menggunakan fitur Click & Collect di seluruh Alfamart di Indonesia. Sistem ini memungkinkan para pelanggan bisa mendapatkan kepastian tentang stock barang yang akan dibeli, baru kemudian melakukan transaksi dan bisa mengambil nya melalui Alfamart tujuan dan bisa langsung mengambil belanjaan yang diinginkan dan telah dipesan yang telah dikemas secara rapi.

Terdapat keuntungan menggunakan sistem dengan konsep Click & Collect, yaitu selain bisa meningkatkan omset penjualan dan pemasaran, bagi para penjual bisa mendapatan manfaat, khususnya secure payment dan juga adanya fasilitas customer care center yang sudah disediakan oleh Blibli.com.

Itu tadi, kemudahan Fitur QR Code dan Fitur Click & Collect Blibli.com, semoga anda yang menjadi penjual atau pun reseller yang berjualan/jualan/jual online bisa memnfaatkan fitur ini untuk meningkatkan omset penjualan anda di Blibli.com. Terima kasih.