Dalam dunia perkuliahan yang semakin terhubung secara digital, laptop bukan hanya menjadi alat untuk menyelesaikan tugas-tugas akademis. Meskipun memang sangat penting untuk mengerjakan presentasi, menulis makalah, dan melakukan penelitian online, laptop memiliki fungsi yang jauh lebih luas bagi mahasiswa. Di luar lingkup tugas-tugas akademis, laptop untuk mahasiswa juga menjadi alat yang sangat berguna untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan adalah ASUS VivoBook 14 A1404, laptop yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa masa kini.

 

ASUS VivoBook 14 A1404
Gambar: medcom.id 

Berikut adalah berbagai manfaat laptop untuk mahasiswa selain untuk mengerjakan tugas.

 1. Merencanakan Jadwal

Jadwal belajar dan aktivitas sehari-hari dapat menjadi lebih teratur dengan bantuan laptop. Dengan memanfaatkan layanan produktivitas seperti Google Calender, kamu bisa mengatur jadwal studi, daftar tugas, dan kegiatan harian dalam bentuk daftar yang terorganisir. Hal ini tentu berguna bagi mahasiswa punya banyak kesibukan, seperti di kampus, organisasi ataupun lingkup kerja.

Lewat laptop, kamu untuk membuat daftar tugas berdasarkan kategori. Juga dengan mudah mengetahui mata kuliah yang perlu dihadiri, waktu mengikuti organisasi, serta tenggat waktu tugas yang ditetapkan. Dengan ini, kamu bisa lebih produktif dalam menjalani waktu kuliah.

 2. Streaming Video Pembelajaran

Akses kepada berbagai materi pembelajaran interaktif juga semakin mudah berkat laptop. Dengan kemajuan teknologi, kamu dapat mengikuti kuliah online, menonton video pembelajaran, dan mengikuti kursus online tanpa harus berada di lokasi fisik tertentu. 

Berbagai platform kelas online menawarkan konten edukatif yang beragam dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja sesuai kebutuhanmu. Laptop dengan layar yang lebar pun akan menjadikan streaming video pembelajaran menjadi lebih mudah dinikmati. .

 3. Mengakses Jurnal dan Buku

Dalam menyelesaikan tugas atau mempersiapkan materi kuliah, seringkali mahasiswa perlu mengakses berbagai jurnal, buku, dan referensi lainnya. Laptop menjadi alat yang sangat berguna untuk mengakses sumber daya akademik ini secara online. Dengan laptop, kamu dapat mengunduh atau membaca jurnal ilmiah, e-book, dan materi bacaan lainnya dari berbagai platform digital seperti Google Scholar, JSTOR, atau perpustakaan universitas. 

Dengan akses yang mudah dan cepat melalui laptop, mahasiswa dapat mengumpulkan informasi yang relevan untuk menunjang pembelajaran dan penelitian. Selain itu, laptop juga memungkinkan untuk membuat catatan atau rangkuman dari sumber-sumber tersebut, sehingga memudahkan dalam memahami dan mengolah informasi secara efisien. Jika laptop berkapasitas besar, e-book dan jurnal online dapat tersimpan sehingga kamu bisa membacanya kapan saja.

 4. Menjalani Kelas Online

Kegiatan kuliah lewat kelas online menjadi lebih lancar dengan bantuan laptop. Dengan laptop, kamu dapat mengakses platform meeting daring seperti Google Meet, atau Zoom dengan mudah. Kamu bisa mengikuti perkuliahan, berinteraksi dengan dosen dan teman sekelas, serta mengakses materi pembelajaran secara langsung dari mana saja asalkan terhubung dengan internet. 

Fitur-fitur seperti web-cam, screen sharing dan chat room memungkinkan kamu untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas dan menerima bantuan langsung dari pengajar. Fitur-fitur ini tentu lebih mudah diakses lewat laptop daripada ponsel. Selain itu, kamu juga dapat merekam kelas untuk ditonton kembali jika ada informasi yang terlewat atau untuk membantu mempersiapkan ulangan. 

 5. Mendesain Tugas Secara Kreatif

Kegiatan perkuliahan selalu lekat dengan presentasi, infografis, dan makalah.  Ada kalanya tugas dengan desain menarik sering kali diperlukan dalam pembelajaran. Sebagai contoh, tugas yang diminta oleh sekolah mungkin membutuhkan presentasi yang estetis dari materi makalah atau infografik yang menjelaskan materi pembelajaran. Oleh karena itu, laptop dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk membuat desain grafis, melakukan editing foto dan video, serta menciptakan presentasi yang menarik. 

Untuk meningkatkan kualitas presentasi, beberapa platform seperti Canva atau Prezi dapat digunakan dengan mudah lewat laptop. Keduanya menyediakan berbagai template presentasi yang dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pengguna. 

Untuk kamu yang kuliah di bidang kreatif , keperluan editing foto dan desain grafis, aplikasi seperti Adobe Photoshop dapat dimanfaatkan. Adobe Photoshop memiliki beragam alat yang lengkap untuk mendukung berbagai kebutuhan desain, baik bagi pemula maupun profesional.

Salah satu laptop yang direkomendasikan untuk mahasiswa adalah ASUS Vivobook 14 A1404. Dengan desain yang ringkas dan fitur-fitur canggih, laptop ini memungkinkan mahasiswa untuk menjalani kegiatan perkuliahan dengan lebih efisien dan produktif. Dibekali dengan prosesor yang cepat dan RAM yang besar, ASUS VivoBook 14 A1404 mampu menangani berbagai tugas akademik secara lancar. Selain itu, baterai yang tahan lama memungkinkan pengguna untuk tetap produktif sepanjang hari tanpa perlu terus-menerus mencari sumber daya. Dengan harga yang terjangkau, ASUS VivoBook 14 A1404 merupakan investasi yang sangat baik bagi mahasiswa yang membutuhkan laptop handal untuk menunjang studi mereka.