Anda pecinta kopi? Tentu Anda mengenal banyak jenis kopi yang saat ini ada dan disajikan di gerai kopi yang saat ini banyak bermunculan. Berbicara kopi, tentunya banyak pula yang bisa dibahas, mulai dari jenis, kenikmatan, alat untuk membut kopi hingga peluang bisnsi yang muncul dari hanya sekedar biji kopi. Bahkan dengan berkembangnya sajian minuman kopi, saat ini kopi pun bervariasi, salah satunya dalgona coffee. Banyak diantara kita yang penasaran dan ingin membuatnya sendiri. Tertarik dengan kopi yang pernah viral tersebut, maka dari rasa penasaran dan keinginan untuk mencoba membuat sendiri, ternyata membuat dalgona coffee itu mudah, makanya siapa bilang membuat ‘dalgona coffee’ itu susah?

Dalgona coffee, kopi ini memang sempat viral beberapa waktu lalu. Pandemi Covid-19 memang membuat masyarakat harus mengikuti aturan untuk selalu mengikuti protokol keseatan, tidak hanya di Indonesia, namun seluruh dunia memberlakukan hal yang sama. Saat tidak tahu apa lagi yang harus dilakukan, seorang pemuda dari Korea Selatan, Yi Hyun-joo menjadi sosok yang pertama kali mempopulerkan kopi dalgona. Selain Yi Hyun-joo, kopi dalgona menjadi sangat popular karena Jung Il Woo yang merupakan aktor dari Korea Selatan ini menemukan hidangan yang hampir sama saat berlibur di Makau, dan saat berkunjung di acara televise, dia membagikan cara membuat Dalgona Coffee di rumah.

siapa-bilang-membuat-dalgona-coffee-itu-susah
Dalgona coffee

Kopi dalgona lebih dikenal sebagai kopi berbusa, karena untuk membuatnya dibutuhkan waktu yang lama untuk mengaduknya. Apalagi caranya mudah, hanya dibutuhkan kopi instan, air panas dan gula. Dan dari beberapa referensi, untuk membuatnya hingga menjadi seperti kopi dalgona enak, harus diaduk sebanyak 400 kali, dengan tujuan untuk menghasilkan tekstur caramel foam dengan cita rasa manis dan juga terasa lembut di mulut.

Resep Dalgona Nescafe

Menarik bukan melihat asal-usul kopi dalgona? Agar Anda tidak hanya melihat saja, alangkah baiknya kalau Anda mencoba membuat sendiri sajian kopi dalgona di rumah. Caranya sangat mudah, hanya dibutuhkan kopi instan, salah satunya kopi Nescafe Classic yang saat ini mudah ditemukan di toko-toko di dekat rumah.

Baca juga: Kopi Kapal Api, kenikmatan minum kopi.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat dalgona Nescafe, antara lain:

  • Nescafe Classic sebanyak 2 sendok makan.
  • Gula putih sebanyak 2 sendok makan.
  • Susu cair 125 ml.
  • Es batu sebanyak satu gelas.

Resep Dalgona Nescafe
Kenikmatan dalgona coffee

Langkah mudah membuat kopi dalgona dari bahan kopi Nescafe, sebagai berikut:

  1. Masukkan Nescafe Classic dan gula ke dalam mangkuk kecil, baru kemudian tambahkan dengan air panas sebanyak 2 sendok makan.
  2. Kemudian aduk sampai mengembang dan menjadi whipped coffee.
  3. Tuanglah susu cair ke dalam gelas dan masukkan es batu sesuai selera Anda.
  4. Tuang whipped coffee yang sudah dibuat.
  5. Dalgona cofffe dari bahan Nescafe siap untuk dinikmati.

Itu dia sedikit informasi tentang cara membuat dalgona coffee dan juga informasi dengan judul “siapa bilang membuat ‘dalgona coffee’ itu susah?”. Semoga bermanfaat.