Hhhhmmm… Selamat pagi semuanya, apa kabar? Semoga kabarnya baik dan selalu luar biasa… Kali ini sesuai dengan tema blog kita, yaitu kuliner dan traveling, maka informasi yang disampaikan adalah sebuat tempat makan di pinggir jalan, bisa dikatakan hanya kaki lima, namun keberadaannya sangat membantu mereka yang ingin segera sarapan, karena diburu waktu. Pasti Anda akan menebak, nasi pecel, rawon atau bahkan soto? Ternyata tebakannya kurang tepat, kulinernya adalah bubur ayam. Dan yang menarik bubur ayam ini khas Bandung lho. Ya, bubur ayam Akang H. Entis khas Bandung di Nguling, Pasuruan, memang menarik untuk dibahas, meskipun saat bertemu dengan sajian ini karena factor ketidaksengajaan.

bubur-ayam-akang-h-entis-khas-bandung
Bubur ayam Akang H. Entis (Dokumentasi pribadi)

Jadi, saat itu setelah menikmati perjalanan dari Wisata Gunung Bromo, tentu saja kami menginap di rumah saudara di daerah Tongas, yaitu sebuah daerah di pesisir pantai utara di bawah kaki Gunung Bromo, Probolinggo. Berbekal motor pinjaman, kami menyusuri beberapa pantai yang masuk wilayah Tongas. Sambil menikmati suasana dan kesegaran udara pagi, kami melihat gerobak bubur ayam yang berbeda dengan kuliner yang dijual di derah tersebut, dan tentu saja gerobak ini menjual bubur ayam yang seprtinya lezat.

Bubur Ayam Terdekat Saat Pagi di Daerah Nguling

Berbicara tentang kuliner memang sangat menarik, tidak hanya kelezatannya, namun juga sensasinya yang sangat luar biasa. Begitu pula saat bertemu dengan sajian kuliner favorit, seperti bubur ayam ini, tentu akan ada keinginan untuk segera mencoba sajian ini meskipun berada di pedesaan.

Bubur Ayam Terdekat
Kelezatan bubur ayam Akang H. Entis (Dokumentasi pribadi)

Dijual di sebuah gerobak sederhana dengan banner di gerobak dorong yang berjualan mulai pagi sampai siang hari, “Bubur Ayam Khas Bandung Akang H. Entis” ini berlokasi di Jalan Kabupaten, di dekat Kantor Polsek Nguling, Pasar Nguling, Kecamatan Nguling, Pasuruan. 

Kelezatan “Bubur Ayam Instan” Ala Kang H. Entis 

Jangan menganggap bubur ayam instan yang dimaksud seperti mie atau bubur instan yang dijual di supermarket lho. Yang dimaksud adalah Anda tinggal datang, meminta bubur ayam khas Bandung yang diinginkan dan langsung tinggal makan, dengan kata lain Anda tidak perlu memasak di rumah.

Sajian bubur ayam yang disajikan oleh Kang H. Entis ini sebenarnya sama dengan sajian bubur ayam lainnya, yaitu berupa bubur nasi yang dibuat dari beras yang dimasak dengan air yang banyak, sehingga sajian bubur tersebut memilki tekstur yang berair dan tentu saja lembut.

Baca juga: Sate Pak Kumis, Nguling, Pasuruan.

Begitu pula dengan bubur ayam ini, yang disjaikan dengan kondisi hangat, meskipun hanya dibawa pulang, namun rasanya tidak kalah dengan bubur ayam yang biasa kita nikmati. Bubur ayam ini meskipun sekilas terlihat sedikit, namun bisa dikatakan lengkap, dalam satu porsi bubur ayam disajikan  dengan irisan daging ayam, ditambah dengan taburan daun bawang, bawang goreng, kacang tanah goreng, irisan cakwe dan juga kerupuk. Dan tidak lupa ‘tongcai’ yaitu sayur atau kuah asin yang gurih.

Berbicara kelezatan, pasti ada satu lagi yang tidak bisa dilupakan, yaitu tentang harga. Harga satu porsi atau satu bungkus bubur ayam ini, hanya dibandrol Rp. 6.000,-. Harga ini tentu saja sangat murah dan bagi Anda semua jangan sampai mengatakan… Ah..hanya sedikit, lha harganya saja murah, kok minta banyak dan juga minta yang enak banget… Hhmmm kalau seperti ini jadi sedih, jadi kasihan sama penjualnya.

Foto-foto Sajian Bubur Ayam Akang H. Entis

Bubur ayam belum ditambahkan kuah asin
Bubur ayam belum ditambahkan kuah asin

Bubur ayam dengan kuah asin dalam plastik

Tampak depan gerobak bubur ayam Akang H. Entis

Sedang mempersiapkan sajian bubur ayam

Semoga informasi kuliner “bubur ayam Akang H. Entis khas Bandung di Nguling, Pasuruan” ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin mencari sajian kuliner enak saat berada di Nguling, Pasuruan.