Pengalaman dan Tips Mudik Murah

Hari Raya Idul Fitri di tahun 2022 ini bisa dikatakan memberi kabar yang menyenangkan, betapa tidak kalau dua tahun kemarin dilakukan pelarangan untuk mudik. Kali ini Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik lebaran. Tentu saja hal ini menjadi euforia, sehingga kebanyakan dan mayoritas masyarakat meluapkannya dengan pulang untuk mudik ke kampung halaman, begitu pula dengan Saya dan keluarga. Tentunya banyak hal yang dipersiapkan, meskipun diperbolehkan untuk mudik, soal dana juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Tertarik dengan hal tersebut, maka berbagi pengalaman dan tips mudik murah kali ini menjadi informasi tersendiri, khususnya Anda yang harus mengatur budget untuk keperluan mudik tersebut.

Pengalaman dan Tips Mudik Murah
Suasana subuh di perjalanan mudik

Meskipun menyenangkan karena mendengar bisa mudik, namun agak sedih juga karena ada sedikit drama, mulai mendadak sakit, karena ada anggota keluarga yang mendadak terkena vertigo, atau beberapa hal yang lupa tidak terbawa, sampai dengan beberapa agenda yang terlewatkan.

Pengalaman Mudik di Tahun 2022

Sebenarnya masalah mudik adalah hal biasa, namun menjadi hal luar biasa kalau berhubungan dengan pendanaan atau persiapan biaya mudik yang harus dikeluarkan. Apalagi bagi siapa saja yang pendapatan yang diperoleh tidak pasti, apalagi setelah masa pandemi, dimana bisnis semua masih belum pulih.

Begitu pula kali ini, mudik kali ini benar-benar dengan tema hemat, dan otomatis kami mengeluarkan pos atau rencana biaya yang dirasa bisa dikeluarkan. Misalnya kalau selama ini kami mudik lewat tol, karena sama-ama macet, kami memilih lewat jalan biasa.

Selain itu, banyak hal yang harus dipertimbangkan, apalagi kalau membawa anak-anak sampai remaja. Dalam kondisi ini yang harus diperhitungkan juga adalah jajanan dan makanan termasuk kulineran yang dibutuhkan untuk biaya jajan dan menikmati segala wisata kuliner yang diinginkan anak-anak.

Baca juga: Angkringan Jogja.

Selain jajanan, masih ada bebarapa lagi yang harus dianggarkan seperti biaya tidak terduga mulai dari parkir, serta pengeluaran tidak terduga lainnya.

Ini dia sedikit rangkaian perjalanan mudik dari rumah sampai ke rumah Mbah Kung:

  • Perjalanan berangkat.
Pengalaman dan Tips Mudik Murah

  • Mampir ke supermarket untuk membeli jajanan.
Pengalaman dan Tips Mudik Murah

  • Jangan lupa ngopi, kali ini menggunakan mug andalan dari Goatmugs.
Minum kopi dengan Goatmugs

Pengalaman dan Tips Mudik Murah
Cemilan saat macet
  • Sebelum sampai ke rumah Mbah Kung, bawa makanan dulu dan belinya di ‘Bakso Nukir” Jombang.
Pengalaman dan Tips Mudik Murah
Bakso Nuklir buat Mbah Kung

Pengalaman dan Tips Mudik Murah
Mie Yamin
  • Setelah berkumpul, malam itu langsung menuju ke hotel.
Pengalaman dan Tips Mudik Murah
Menuju Green Red Hotel

Pengalaman dan Tips Mudik Murah
Siap-siap istirahat
  • Jangan lupa menikmati kopi lagi dan sarapan di hotel.
Pengalaman dan Tips Mudik Murah
Menikmati kopi pagi

Pengalaman dan Tips Mudik Murah
Sarapan pagi...
  • Pulangnya mampir menikmati sajian bebek goreng.

Pengalaman dan Tips Mudik Murah
Makan sorenya di "Warung Barokah" Pasuruan

Pengalaman dan Tips Mudik Murah
Bebek gorengnya enak...

Dari berbagai perjalanan seru tersebut, anggaran biaya yang direncanakan mudik pulang pergi sebesar Rp. 3.750.000,-.

Pengalaman dan Tips Mudik Murah
Biaya mudik (total) tahun ini

Dari pengeluaran yag digunakan ternyata masih ada sisa Rp. 1.777.400,-. Tentu saja pengeluaran ini tanpa memasukkan biaya tol, karena pada musim mudik kali ini kita lewat jalan bawah.

Lumayan sangat hemat bukan …?

Tips Mudik Murah dan Hemat 

Tentunya bisa pulang untuk mudik bisa bertemu dengan keluarga besar di rumah atau di kampung halaman adalah hal yang sangat menyenangkan. Ada banyak tips mudik yang sudah disampaikan di berbagai media, namun kali ini tips mudik yang disampaikan adalah berdasarkan pengalaman pribadi.

Ini dia, tips mudik murah tahun ini ala Aku, antara lain:

  1. Persiapkan anggaran dan rencanakan biaya yang dikeluarkan beberapa bulan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mempersiapkan dana yang dibutuhkan untuk mudik.
  2. Pesanlah hotel sesuai yang diinginkan jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan bila di rumah tujuan sudah tidak ada tempat atau tidak cukup untuk tidur atau beristirahat. Selain bisa mendapatkan tempat menginap, juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah.
  3. Apabila membawa kendaraan pribadi. Periksalah terlebih dahulu segala kelengkapan mobil, mulai dari aki, radiator, dan juga peralatan pendukung, seperti dongkrak, dan peralatan mekanik lainnya.
  4. Persiapkan segala camilan dan makanan, apalagi kalau perjalanan yang akan dilakukan sering mengalami macet.
  5. Jaga kondisi tubuh. Hal ini dilakukan agar tidak cepat lelah dan tidak jatuh sakit apalagi selama perjalanan.
  6. Persiapkan segala perangkat yang dibutuhkan. 

Semoga informasi tentang pengalaman dan tips mudik murah kali ini bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuka mudik-mudik tahun berikutnya.

Post a Comment

1 Comments

  1. Seneng sih lebaran THN ini udh bisa mudik, walopun aku ga mudik 😁. Tapi sedihnya, maskapai kayaknya kompakan naikin harga gila2an wkwkwkwkw.

    Berhubung kampungku di Medan, tiketnya ga main2 jadinya . Dikalikan 4 pula 😁. Akhirnya aku milih utk mudik pas 17 Juni nanti mas, tiketnya lebih manusiawi 😁.

    Tapi kalo seandainya mudik ke kampung suami di solo, kami baru naik mobil. Tapi ga pas lebaran juga. Kapok, dulu pernah kena macet 32 jam dari JKT ke solo🤣🤣🤣. Udahlaah, pulangnya nunggu lebaran lewat aja 😁

    ReplyDelete