Defender 110 P400 SE

Hari ini Saya benar-benar tertarik dengan sebuah mobil luar biasa yang merupakan bagian dari New Land Rover Defender. Betapa menariknya mobil ini sampai melihat gambarnya saja membuat saya terpacu untuk mengetahui item-item tentang mobil ini meskipun harganya sangat mahal sekali.

Bisa diakui kalau Defender 110 P400 SE ini mulai menggoda para penyuka SUV mewah untuk adventure. Bahkan di kelasnya, sebagai sesama SUV ikonik sepanjang masanya, Defender bisa disandingkan dengan Jeep Wrangler dan Mercedes-Benz G-Class. Untuk pasar Indonesia, mobil ini hadir lewat varian Defender 110 P400 SE. meski sudah generasinya yang kesekian, Defender tetap tampil dengan tampangnya yang khas, mempertahankan bentuk klasiknya.

Defender 110 P400 SE
Defender 110 P400 SE

Defender dengan format body lima pintu ini dibekali spesifikasi yang andal untuk offroad, namun canggih pula sebagai SUV modern. Untuk varian ini, Defender mengandalkan unit mesin bensin enam silinder inline, 3,0 liter turbo. Mesin ini menyimpan perpaduan tenaga 395 hp dan torsi maksimal sampai 550 Nm. Transmisinya otomatis ZF 8-speed, berikut transfer case 2 percepatan untuk sistem penggerak 4x4 miliknya. Performa tersebut tentunya siap untuk digunakan Defender melahap berbagai medan jalan.

Baca juga: Jeep Gladiator Rubicon JT.

Bentuk dasar Defender masih bisa dijumpai pada desain keseluruhan eksterior, namun dengan evolusi desain yang modern. Lekuk membulat bisa dijumpai di setiap sisi body, khususnya lewat rupa lampu utama yang ikuti gaya desain Land Rover terkini. Defender dengan kode seri L663 ini pertama kali diperkenalkan ke hadapan dunia saat Frankfurt Motor Show 2019 lalu.

Defender 110 P400 SE
Defender 110 P400 SE

Melihat ke interior, Land Rover membuatnya cukup berbeda dibandingkan model terbaru lainnya. Pengoperasian transmisi menggunakan tuas konvensional, bukannya tombol putar seperti pada keluarga Range Rover. Dashboard pun tampil dengan garis  yang lurus, tersemat layer infotainment 10 inci di tengahnya. Material fabric alias kain membalut bagian konsol tengah, selain agar praktis dibersihkan juga agar tidak mudah membuat tangan terselip setiap saat.


Sejumlah fitur pendukung kemampuan offroad bisa dioperasikan dari kabin oleh pengemudi. Bahkan pengaturan ketinggian ground clearance bisa diubah hanya melalui sentuhan tombol di dashboard. Kenyamanan premium didukung oleh Land Rover baik untuk penghuni kabin depan maupun belakang.

Di Indonesia, unit Defender oleh TDA Luxury Toys, mobil ini ditawarkan dengan rentang harga Rp 2,950 – 3,2 Miliar (off the road). Opsi personalisasi trim dan fitur yang dipilih oleh konsumen yang akan membedakan harga setiap Defender yang dipesan oleh konsumen.


Sumber: carvaganza.com


Post a Comment

0 Comments