Kopi Java Dieng – Kenikmatan Kopi Arabika

Berbicara tentang kopi, banyak sekali yang bisa dibicarakan dan diungkapkan tentang salah satu komoditas perkebunan ini. Berbeda dengan jenis komoditas lainnya, kopi menjadi salah satu produk favorit yang disukai, bahkan di Jepang budaya minum kopi mulai memiliki posisi yang sama dengan budaya minum teh. Perkembangan kopi yang luar biasa ditunjukkan dengan mulai banyaknya festival kopi yang sering diadakan para penggiat kopi di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan dengan banyaknya jenis kopi yang dimiliki Indonesia, membuat saya ingin mencoba salah satu jenis kopi, yaitu kopi Java Dieng, kenikmatan kopi Arabika yang berasal dari Pegunungan Dieng.

Kopi Arabika memang memiliki karakteristik tersendiri yang menarik dibanding jenis kopi lainnya. Sebagai kopi yang berasal dari Pegunungan Ethiopia, kopi arabika saat ini menjadi kopi favorit yang disukai di Indonesia, tidak hanya di Indonesia, tapi bahkan diseluruh dunia yang menjadikan kopi arabika ini kopi favorit. Anda bisa melihat di internet misalnya, bahkan perusahaan dunia sekelas Keurig memiliki banyak jenis kopi Arabika dari seluruh dunia.

Kopi Nusantara dari Bandung

Salah satu jenis kopi yang menjadi pilihan saya kali ini adalah Kopi Arabika Java Dieng yang diproduksi oleh “Dikopian Bandung”. Dikopian sebenarnya sebuah kafe dan juga sebuah Gerai Kopi yang menyediakan berbagai jenis kopi, baik dalam bentuk biji kopi maupun dalam bentuk bubuk. Gerai kopi ini beralamatkan di Jalan Raya Kamasan, RT.03 RW 02, Bandung, Jawa Barat.

Kenikmatan Kopi Arabika Java Dieng
Kenikmatan Kopi Arabika Java Dieng

Dikopian memang menawarkan berbagai jenis kopi arabika, namun khusus untuk arabika jenis Java, Dikopian memberikan empat pilihan jenis, antara lain Java Raung, Java Ciwidey, Java Lembang dan Java Dieng. Dan saya pun memilih jenis kopi arabika Java Dieng, karena tertarik dengan asal kopi Dieng.

Kopi Hitam Arabika Java Dieng

Berbicara tentang Dieng atau biasa disebut dengan Dataran Tinggi Dieng, maka tempat ini adalah sebuah kawasan vulkanik yang termasuk dalam kategori aktif di Jawa Tengah, daerah ini masuk dalam dua daerah yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Tepatnya terletak disebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng memang menjadi sebuah pusat pertanian dan merupakan penghasil sayuran dataran tinggi di Jawa Tengah.

Secangkir kopi arabika dari Dikopian
Secangkir kopi arabika dari Dikopian

Selain berbagai komoditas sayuran, terdapat komoditas kopi yaitu Java Dieng, yang menjadi sebuah pilihan nikmat khas Dieng yang diusung Dikopian untuk jenis kopi Arabika yang dijualnya. Dengan rasanya yang nikmat, kopi Arabika Java Dieng tanpa gula ini sangat nikmat untuk dinikmati di saat pagi hari sebelum memulai beraktivitas, atau diminum sambil menikmati kesendirian di depan laptop untuk teman bekerja. Sebagai kenikmatan sebuah kopi, kopi Java Dieng - kenikmatan kopi arabika serasa memberi warna dalam referensi kopi saya.

Foto-foto Kopi Arabika Java Dieng:

Crema di secangkir kopi arabika
Crema di secangkir kopi arabika

Sebungkus kopi arabika Java Dieng
Sebungkus kopi arabika Java Dieng

Menikmati kopi arabika di sebuah angkringan
Menikmati kopi arabika di sebuah angkringan

Foto yang ada menggunakan kamera handphone Samsung Galaxy Note 3.

Post a Comment

0 Comments