Kopi Mandheling, Pilihan Kopi Nikmat Pagi Ini

Kopi Mandheling, Pilihan Kopi Nikmat Pagi Ini – Menikmati kopi nikmat sudah menjadi kebiasaan dan rutinitas yang harus dilakukan oleh seorang pecinta kopi. Kopi di pagi hari diibaratkan seperti pemberi motivasi luar biasa untuk memulai hari. Banyak sekali jenis kopi lokal Indonesia yang telah mendunia, dan diantara jenis kopi tersebut, pilihan untuk menikmati kopi jatuh pada Kopi Mandheling. Kopi Mandheling yang dipilih adalah jenis kopi arabika yang menjadi favorit dalam menikmati kopi, selain rasanya yang nikmat, aromanya memberikan sensasi tersendiri saat menikmati kopi.

Kopi Mandheling dari "Ladang Kopi Probolinggo"
Kopi Mandheling dari "Ladang Kopi Probolinggo"

Kopi Mandheling atau yang biasa disebut dengan Kopi Mandailing sudah dikenal di dunia sejak tahun 1878. Dikenalnya Kopi Mandheling ini berawal dari Kolonial Belanda pada tahun 1699 yang membawa kopi jenis arabika ini dan ditanam di Mandailing Natal di Kabupaten Pekantan, Sumatra Utara, yang kemudian kopi ini ditanam di daerah Tapanuli Utara dan pada Dataran Tinggi Gayo di Aceh Tengah.

Kopi Mandheling Sebuah Sensasi Kopi Luar Biasa

Kopi memang sudah menjadi kebutuhan, bahkan tidak lagi kebutuhan, namun saat ini meningkat menjadi sebuah gaya hidup, coba lihat di berbagai kota besar di Indonesia, telah tumbuh berbagai kedai kopi kekinian yang menawarkan kopi asli Indonesia, yang langsung diolah saat itu juga, mulai dari menggiing sampai dengan membuat kopi nikmat dan segar. Begitu pula dengan kopi Mandheling yang selalu tersedia di kedai kopi modern.

Baca juga: Kopi Lintong Sumatera, Kopi Khas Lintong Nihuta.

Mandheling sendiri adalah sebuah sebutan orang asing terhadap kata “Mandailing”, yang merupakan salah satu suku di Sumatera Utara. Kopi Mandheling sendiri disebut karena kopi jenis arabika ini ditanam di daerah Mandailing yang juga merupakan salah satu suku di Tapanuli. Kopi Mandheling tumbuh di ketinggian 2.500 kaki di atas permukan laut.

Kopi Sumatra Mandheling, Favorit Kopi dari Bukit Barisan

Karena kenikmatannya, Kopi Mandheling menjadi kopi yang sangat disukai di luar negeri. Kopi ini memiliki karakater rasa dengan tingkat keasaman yang rendah dengan aroma floral dan after taste-nya yang manis. Body kopi yang penuh sehingga membuat teksturnya yang cenderung kental. Paduan rasa manis dan asam yang tidak terlalu tinggi menbuat kopi Mandheling menjadi favorit para pecinta kopi namun memiliki lambung yang sensitif.

Kenikmatan Kopi Mandheling;Kopi Mandheling, Pilihan Kopi Nikmat Pagi Ini;
Kenikmatan Kopi Mandheling

Berbeda dengan jenis arabika lainnya. Kopi Arabaika Mandheling  memiliki ciri khas yang berbeda dengan tringkat keasaman atau acidity yang cederung paling rendah. Dan yang membuat nikmat adalah after taste-nya yang manis membuat kopi Mandheling ini memiliki ciri khas tersendiri.

Untuk mendapatkan sajian nikmat ini, tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke Mandailing Natal, cukup pesan ke berbagai market place yang anda percaya atau gerai kopi asli di kota terdekat. Semoga sedikit tulian “Kopi Mandheling, Pilihan Kopi Nikmat Pagi Ini”  bermanfaat untuk menemani pagi dengan secangkir kopi nikmat.


Post a Comment

0 Comments