Pecel Mbah Sri, Kuliner Khas Madiun di Kota Probolinggo

Kuliner lagi… Kuliner lagi. Dua kata ini sepertinya tidak bosan dilakukan, apalagi kuliner yang dicoba adalah kuliner enak. Kota Probolinggo menjadi tujuan kuliner kita kali ini, kota ini mengalami banyak kemajuan, apalagi kulinernya. Begitu banyak kuliner baru yang muncul, yang menambah referensi tujuan kuliner apabila singgah di kota mangga ini. Dari beberapa pilihan kuliner, kali ini kami mencoba sajian kuliner “Pecel Mbah Sri” kuliner khas Madiun di Kota Probolinggo.

Pecel Mbah Sri, Kuliner Khas Madiun di Kota Probolinggo
Satu porsi lengkap "Pecel Mbah Sri"

Pecel... Siapa yang tidak kenal dengan sajian kuliner merakyat ini, harganya yang murah dan terjangkau membuat pecel selalu menjadi pilihan untuk sarapan. Pecel memang sangat populer di berbagai wilayah di Jawa Timur, seperti Madiun, Kediri, Ponorogo dan Malang. Pecel biasanya dihidangkan dengan bumbu sambal kacang sebagai bumbu utama, dan berbagai sayuran.

Pecel Terdekat di Pusat Kota Probolinggo

Berbicara tentang pecel, tentu berbicara tentang menu keseharian saat sarapan. Banyak diantaranya yang menganggap pecel sebagai menu biasa. Namun anggapan ini akan luntur kalau Anda sudah mencoba sajian pecel yang satu ini. Ya, Pecel Mbah Sri, kuliner pecel ini berlokasi di sebuah pujasera, yaitu Pujasera Parahyangan di Jalan HOS Cokroaminoto atau di Jakan Cokro, tepatnya di depan Kantor PLN Cokro. Dan buka mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 10.00. Setiap hari Senin libur.

Baca juga: Warung Prasmanan Mbak Sri, Leces, Probolinggo.

Yang menarik, meskipun buka setiap hari seperti warung-warung lainnya. Pecel milik Pak Basuki Wiyono ini pada hari Jumat buka namun dikhususkan untuk abang becak dan gratis. Yang unik meskipun untuk abang becak, sajiannya sama seperti para pembeli seperti biasa, bebas ambil nasi dan lauknya beserta minum.

Pecel Mbah Sri, Pecelnya Madiun di Kota Probolinggo

Sesuai dengan namanya, maka pecel yang disajikan di Pecel Mbah Sri adalah pecel khas Madiun. Untuk penyajian, maka nasi pecel Mbah Sri ini disajikan dengan sayur baru disiram bumbu kacang. Yang membedakan dan menjadi ciri khas setiap warung pecel adalah bumbunya.

Pecel Mbah Sri, Kuliner Khas Madiun di Kota Probolinggo
Pecel Mbah Sri, memang tiada duanya

Ini dia rahasianya, rahasianya terletak pada “bumbu” pecel Mbah Sri ini. Sambal pecelnya diolah dari bahan berkuakitas dan yang unik yang membuat rasanya enak adalah kacang sangrainya yang didatangkan langsung dari Madiun. Jangan lupa peyek pecelnya, belum lengkap menikmati pecel kalau belum ada peyek dari terigu yang enak dan renyah. Menurut pemilk pecel Mbah Sri, bumbu pecel ini dibuat dari resep ibunya yang sudah turun temurun, dan ini pula yang membuat pemilik pecel menamakan warung pecelnya dengan nama Mbah Sri, sama dengan nama ibunya.

Untuk harga, jelas sangat terjangkau, harga mulai dari Rp. 8.000,-. 

Pecel Mbah Sri di Kota Probolinggo ini bisa dikatakan sebagai pendatang baru, karena baru dibuka sekitar bulan Juni 2021. Namun jangan salah, meskipun termasuk kuliner baru, pecel Mbah Sri sudah diterima di hati para pecinta kuliner di Kota Probolinggo, hal ini terbukti, tidak sampai setengah hari pecel ini selalu habis.

Sesuai dengan namanya, maka penyajian pecel Mbah Sri sama dengan penyajian nasi pecel khas Madiun, yang disajikan di atas daun pisang atau biasa disebut dengan pincuk, baru kemudian ditambahkan sayuran berupa kacang panjang, kangkung, tauge dan ditambahkan juga dengan petai cina, baru ditaburi dengan saus kacang dan serundeng.

Untuk Anda yang hobi kulineran dan ingin mendapatkan bumbu pecel khas Madiun, jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan bumbu pecel khas Mbah Sri yang disediakan juga di gerai Pecel Mbah Sri, per 200 gram dibandrol dengan harga Rp. 12.000 atau kalau Anda di luar kota Anda bisa memesan melalui marketplace, seperti Tokopedia.

Sambal Pecel Mbah Sri;Pecel Mbah Sri, Kuliner Khas Madiun di Kota Probolinggo
Sambal Pecel Mbah Sri

Tertarik? Klik Disini untuk memesan bumbu pecel khas Mbah Sri.

Foto-foto

Pecel Mbah Sri, Kuliner Khas Madiun di Kota Probolinggo

Pecel Mbah Sri, Kuliner Khas Madiun di Kota Probolinggo

Pecel Mbah Sri, Kuliner Khas Madiun di Kota Probolinggo

Pecel Mbah Sri

  • Alamat: Pujasera Parahyangan, Jalan Cokroaminoto atau di depan PLN Cokro Kota Probolinggo.
  • Jam buka : Pukul 06.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB.
  • Nomor telpon yang bisa dihubungi : 0823 3354 2531.

Itu dia sedikit informasi dan review kuliner Pecel Mbah Sri, kuliner khas Madiun di Kota Probolinggo. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi kuliner di Kota Probolinggo. 


Post a Comment

0 Comments