Kopi Java Dieng, Kelezatan Arabika dari Dieng

Kopi Java Dieng, Kelezatan Arabika dari Dieng – Indonesia sudah sangat terkenal dengan komoditas alamnya yang luar biasa, dan kopi menjadi salah satu komoditas perkebunan yang sangat terkenal di dunia. Yang membedakan kopi Indonesia dengan kopi dari luar negeri adalah kopi Indonesia memiliki jenis yang beragam, mulai dari Sumatera sampai Papua memiliki varietas kopi yang beragam dan memiliki cita rasa yang spesifik. Dengan  bayaknya jenis kopi tersebut, menjadikan kopi Indonesia memiliki cita rasa dan aroma unik dan khas yang juga dipengaruhi salah satunya dari kondisi vulkanik dan iklim yang spesifik dari lokasi kebun kopi yang ditanam.

Gunung Purba Dieng memiliki tanah vulkanik yang subur menjadikan komoditas pertanian tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah ini. Dieng juga memiliki potensi luar biasa dalam pengembangan kopi. Saat ini kopi menjadi sebuah alternatif komoditas unggulan petani Dieng yang saat ini masih menanam sayuran sebagai sumber penghasilan utamanya.

Kopi Arabika Java Dieng, Pilihan Kenikmatan Kopi Khas Dieng

Memang Dieng sangat terkenal dengan komodiats pertaniannya, namun dibalik komoditas pertanian, masih ada komoditas lainnya yang saat ini banyak dikembangkan, yaitu Kopi Arabika Dieng atau yang lebih dikenal dengan Arabika Java Dieng. Bahkan banyak sekali acara dan juga festival yang bertujuan untuk mengangkat pamor kopi dari Dieng ini, salah satunya adalah yang pernah dilaksanakan beberapa waktu lalu, yaitu Java Coffee Festival (JCF) yang termasuk dalam rangkaian Dieng Culture Festival tahun 2019 kemarin.

Kopi Arabika Java Dieng, Pilihan Kenikmatan Kopi Khas Dieng
Kenikmatan Kopi Java Dieng

Bahkan tema kopi yang diambil pun sangat menarik yaitu “Wani Ngopi Luhur Wekasane” yang menunjukkan kopi arabika memang menjadi sebuah produk kopi yang sangat bernilai dan memiliki kualitas kopi terbaik dari Dieng. Di Wonososbo sendiri terdapat enam jenis kopi nikmat, antara lain Kopi Arabika Slukatan, Mlandi, Tambi, Bowongso, Sontonayan dan juga Butuh, yang menjadi jenis kopi unggulan khas Dieng.

Kopi Arabika Dieng, Rasa Nikmat Arabika 

Saat ini sudah mulai banyak penyedia jenis kopi arabika, khususnya Arabika dari Dieng. Salah satu penyedia kopi Java Dieng adalah “Dikopian Roastery” yang beralamatkan di Jalan Raya Kamasan, Banjaran, Bandung. Dikopian sendiri menyediakan berbagai ragam jenis kopi arabika dari Indonesia, yang salah satunya adalah Kopi Java Dieng.

Baca juga: Kopi Java Arabika dari Excelso.

Kopi Arabika Java Dieng memiliki rasa yang khas dengan sedikit rasa daun salam, gula merah, pandan dan Asam Jawa terangkum menjadi satu dalam kenikmatan khas Kopi Arabika. Tentunya untuk mencoba kenikmatan kopi ini, anda bisa mencobanya tanpa gula, kopi khas arabika Dieng ini memiliki rasa yang tidak pahit.

Kopi Arabika Dieng, Rasa Nikmat Arabika
Secangkir kopi nikmat

Anda harus mencoba Kopi Java Dieng, kelezatan arabika dari Dieng ini, yang akan memberikan sensasi nikmat kopi yang berbeda, yang akan membuat anda merasakan sensasi nikmat khas kopi Jawa.


Post a Comment

0 Comments